Bangka SelatanBerandaBeritaNasional/InternasionalPemerintahan

Warganet Sebut Penerimaan PPPK 2023 Disinyalir Nepotisme, Ini Kata Kepala BKD Bangka Selatan

0
×

Warganet Sebut Penerimaan PPPK 2023 Disinyalir Nepotisme, Ini Kata Kepala BKD Bangka Selatan

Sebarkan artikel ini
IMG 20240522 WA0046 1

SELEKSI penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2023, khususnya di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendapat sorotan dari salah satu warganet di media sosial Facebook, Rabu (22/5/2024).

Dalam postingan dari akun Facebook bernama Faizal Babel, mempertanyakan terkait kasus penerimaan PPPK yang telah dilantik di Kecamatan Airgegas, beberapa waktu lalu.

Karena menurutnya, PPPK yang dilantik tersebut ada yang lulus bermasalah dari tenaga kebersihan honor yang ikut tes guru, sedangkan baru lulus S1 (Strata-1) guru baru tiga bulan.

Selain itu, Faizal Babel juga menuliskan, ada salah satu anak pejabat pendidikan dari tenaga TU honor di Bangka Selatan yang ikut tes guru juga lolos, sedangkan kelas S1 gurunya juga baru lulus tiga bulan. Karena itu, ia menduga ada manipulasi data terkait lolosnya anak pejabat TU tersebut. Padahal anak pejabat TU itu tidak memenuhi syarat.

Ini isi postingannya
Ini isi postingannya

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Bangka Selatan, Suprayitno membantah pelantikan PPPK 2023 ada yang lulus bermasalah.

Suprayitno mengatakan, pelantikan pegawai PPPK 2023 yang dilaksanakan di Halaman Kantor Kecamatan Airgegas, beberapa waktu lalu sudah sesuai regulasi dan tugas fungsi yang ada.

Selain itu, pihaknya meminta terkait masalah penerimaan PPPK guru untuk klarifikasi langsung dengan leading sektor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Basel, jikalau memang ada unsur hukum.

“Terkait hal ini, BKPSDMD Basel sudah pernah di minta keterangan oleh pihak Ombudsman RI Babel, dan hasilnya dinyatakan tidak ada unsur kecurangan ataupun bermasalah, sehingga tidak dapat ditindaklanjuti. Dan itu semua sudah sesuai tahapan sehingga masalah tersebut sudah clear,” tegas Suprayitno saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (22/5) malam.

Diberitakan sebelumnya, ratusan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang bertugas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan resmi dilantik dan diambil sumpahnya, Selasa (30/4/2024).

Prosesi pelantikan terhadap 467 PPPK ini dipimpin oleh Bupati Basel Riza Herdavid didampingi Wakilnya Debby Vita Dewi saat acara festival Ngarak Telok Herujo, dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahu (HUT) ke 21 Kabupaten Bangka Selatan, di Halaman Kantor Kecamatan Airgegas.

Dalam sambutannya Riza mengucapkan selamat bekerja kepada 467 orang (PPPK) yang dilantiknya dan kemudian akan menerima surat keputusan pengangkatan sebagai PPPK.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan mengucapkan selamat bekerja, saya harap kalian mampu membuktikan kinerja dengan prestasi kerja yang lebih baik dan akuntabel, jaga dan pertahankan integritas, loyalitas, disiplin dan komitmen terhadap tugas, fungsi dan tanggung jawab kalian semua. Teruslah memacu diri untuk tetap bersemangat, berdedikasi dan berprestasi dalam bekerja untuk mendukung terwujudnya pembangunan daerah,” kata Riza. Berita Terkait : Riza-Debby Lantik Ratusan PPPK, Ini Pesannya