BeritaDesaNasional/InternasionalPemerintahan

Tiga Dusun di Desa Tepus Masuk Program TMMD, Safrizal : Wujud Nyata Sinergitas TNI dan Pemerintah Daerah

1
×

Tiga Dusun di Desa Tepus Masuk Program TMMD, Safrizal : Wujud Nyata Sinergitas TNI dan Pemerintah Daerah

Sebarkan artikel ini
IMG 20240220 WA0055

TIGA dusun di Desa Tepus, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masuk program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun 2024.

Tiga dusun tersebut Dusun Jelemu, Ketiak dan Gumbak. Kegiatan yang dilaksanakan berupa kegiatan fisik yaitu pembangunan talud jalan sepanjang 11 kilometer, pembangunan gorong-gorong, rehabilitasi masjid dan pembangunan sarana air bersih. Kegiatan non fisiknya berupa penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, penyuluhan tentang bahaya narkoba, pencegahan stunting, penyuluhan vaksinasi dan lain sebagainya.

Penjabat Gubernur Babel Safrizal Zakaria Ali menjelaskan, program TMMD merupakan wujud nyata dari sinergitas antara TNI dan pemerintah daerah, untuk mendukung percepatan pembangunan di berbagai daerah.

“Program ini sekaligus merupakan tindaklanjut terhadap aspirasi masyarakat yang diwujudkan melalui TMMD,” kata Safrizal saat membuka program TMMD ke-119 di Lapangan Bola Desa Tepus, Kecamatan Airgegas, Bangka Selatan, Selasa (20/2).

Safrizal menambahkan, sumber anggaran dalam pelaksanaan program TMMD tersebut dengan dukungan anggaran dari APBD dan TNI. Karena itu, diharapkannya program TMMD ke-119 ini dapat mencapai target yang telah ditetapkan yaitu menghubungkan Markas Komando Resor Militer (Makorem) dan Markas Komando Distrik Militer (Makodim).

“Sasaran waktu tempuh yang optimal dalam pelaksanaan program TMMD ini, selama 30 hari kedepan yang dimulai dari tanggal 20 Februari sampai dengan 20 Maret 2024,” jelas Safrizal.

Safrizal mengajak semua stakeholder dan komponen masyarakat, untuk bersama-sama mendukung dan melibatkan diri secara aktif dalam setiap kegiatan TMMD demi kemajuan dan kesejahteraan bersama.

“Terdapat lima fokus utama dalam pelaksanaan TMMD ke-119 di Desa Tepus. Meliputi pembukaan jalan, peningkatan perekonomian, pembangunan infrastruktur, sosialisasi dan peningkatan kesadaran masyarakat, serta gotong royong,” ujar Safrizal.

Sementara itu, Danrem 045 Garuda Jaya Babel Brigjen TNI Agustinus Dedy Prasetyo menegaskan, sebanyak 150 personel gabungan dari TNI dan Polri serta masyarakat dikerahkan ke Desa Tepus untuk melaksanakan program kegiatan TMMD ke-119.

“Kepada seluruh personel, khususnya TNI mari laksanakan kegiatan TMMD ini bersama-sama dengan masyarakat dalam membangun desa sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di tiga dusun Desa Tepus,” tutur Brigjen Agustinus.

Pembukaan TMMD ke-119 dihadiri Bupati Basel Riza Herdavid, Wakapolda Babel Brigjen Pol Sugeng Suprijanto, Dandim 0432 Basel Letkol Inf Gani Rachman, Dandim 0431 Bangka Barat Letkol Inf Kemas Muhamad Noval, Danyonif 147/KGJ Mayor Inf Yoki Firmansyah, Kapolres Basel AKBP Trihanto Nugroho, Kasdim Mayor Arm Frengki Triwibowo, Kasi Intelijen Kejari Basel Michael, Plh Sekda Basel Hefi Nuranda, Kabinda Basel Edy Priyono, Kepala BNN Basel Eka Agustina, Danpos AU Bangka Kapten Agus Sutarto, Ketua Pengadilan Tinggi Babel diwakili Panitera Pengadilan Negeri Koba Muksin, Ketua Persit Cabang Korem 045 Garuda Jaya Babel Nyo Agustinus, pengurus Persit Cabang Kodim 0432 Basel, aparatur Pemerintahan Desa Tepus, tokoh agama, masyarakat dan beserta para tamu undangan lainnya.