Bangka SelatanBeritaPemerintahan

Target Akhir Mei 2024 Raperda RPJPD Basel 2025-2045 Sudah Dibahas di DPRD

0
×

Target Akhir Mei 2024 Raperda RPJPD Basel 2025-2045 Sudah Dibahas di DPRD

Sebarkan artikel ini
IMG 20240507 WA0084

KEGIATAN Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pembangunan (BP3) Kabupaten Bangka Selatan bersama Badan Pusat Statisik (BPS) dan beberapa perangkat daerah terkait pemantapan indikator sasaran visi dan 45 indikator utama pembangunan, Senin (6/5/2024).

Dalam kegiatan FGD ini juga sekaligus pembahasan angka-angka indikator, dengan melakukan upaya klarifikasi berdasarkan informasi data sektoral dengan perangkat daerah terkait. Hal ini disampaikan Kepala BP3 Bangka Selatan, Herman.

“Kegiatan FGD ini merupakan rangkaian tahapan dalam rangka pemantapan, validasi, verifikasi dan klarifikasi serta penajaman terkait 45 indikator utama pembangunan dalam dokumen rancangan awal RPJPD Bangka Selatan 2025-2045,” kata Herman.

BACA JUGA : Pemkab Basel Bersama BPS Mantapkan Rencana Pembangunan 2025-2045

Herman menjelaskan, perangkat daerah penting untuk dilibatkan. Mengingat perangkat daerah yang lebih mengetahui sehubungan dengan informasi sektoral.

“Dan selanjutnya perangkat daerah bisa untuk menindaklanjuti dalam menentukan sasaran program dan kegiatan dalam menyusun rencana strategis OPD (Organisasi Perangkat Daerah) biar selaras dengan indikator utama sasaran pembangunan baik di RPJPD, maupun RPJMD,” ujar Herman.

Herman menambahkan, hasil dari FGD dilanjutkan dengan pencermatan kembali oleh tim penyusun RPJPD BP3 dan selanjutnya akan dibahas bersama dengan narasumber dari BPS, guna mensepakati angka-angka sementara dalam indikator utama pembangunan dalam bentuk berita acara sebelum dilakukan pleno di Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Target pada minggu ketiga bulan ini (Mei), pleno penetapan angka-angka pada indikator utama pembangunan baik indikator pada sasaran visi maupun 45 indikator utama arah pembangunan dapat dilaksanakan agar proses tahapan selanjutnya menuju ke rancangan akhir RPJPD Bangka Selatan 2025-2045 dapat segera diselesaikan,” jelas Herman.

Herman berharap paling lama di akhir bulan Mei ini, sudah dapat dilakukan penyampaian Raperda RPJPD Basel 2025-2045 untuk selanjutnya segera dilakukan pembahasan di Pansus DPRD Basel.