BeritaNasional/InternasionalPemerintahan

Tanam Pohon di Kawasan Kolong PDAM Kota Pangkalpinang, Susi : Ini Tujuan Utamanya

1
×

Tanam Pohon di Kawasan Kolong PDAM Kota Pangkalpinang, Susi : Ini Tujuan Utamanya

Sebarkan artikel ini
WhatsApp Image 2024 03 04 at 11.56.44 AM 1 1024x768 1

KAWASAN kolong milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ditanami pohon dalam rangka memperingati Hari Air Dunia (HAD) ke-32 tahun, Senin (4/3/2024).

Penanaman pohon ini mengusung tema ‘Air untuk Perdamaian’ ditanam di kawasan kolong milik PDAM. Tepatnya di Pedindang, Kelurahan Parit Lalang, Kota Pangkalpinang.

Kepala Balai Wilayah Sungai Babel, Susi Hariany menjelaskan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2024 ini memilih tema ‘Air untuk Perdamaian’ dalam rangka Hari Air Sedunia pada 22 Maret 2024.

“Fokus utama tema ini adalah kompleksitas isu air global yang dapat menciptakan perdamaian atau konflik. Kesehatan masyarakat, sistem pangan, energi, ekonomi, dan integritas lingkungan semua terkait erat dengan manajemen air yang adil dan efisien,” kata Susi.

Susi menambahkan, tema ‘Air untuk Perdamaian’ ini diharapkan mendorong kolaborasi internasional guna menciptakan dampak positif, memperkuat harmoni, meningkatkan kemakmuran, serta membangun ketahanan terhadap tantangan bersama.

Peringatan HAD ke-32 menjadi bagian dari rangkaian road to 10th world water forum 2024.

“Menandakan komitmen kita untuk terlibat dalam pembahasan dan tindakan nyata dalam pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan,” ujarnya.

Susi menegaskan peringatan HAD tidak hanya melibatkan pertemuan-pertemuan besar, tetapi juga meliputi serangkaian aksi di daerah seperti seminar dengan tema ‘Water for Peace’ yang akan diadakan serentak pada Jumat, 22 Maret 2024, bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung.

“Selain itu, kegiatan SDA Goes to School yang bertujuan untuk mengedukasi generasi muda tentang pentingnya air untuk perdamaian, yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2024,” tuturnya.