Nasional/InternasionalPemerintahan

Tahun 2024 Belasan Miliar Rupiah Anggaran untuk Stunting

1
×

Tahun 2024 Belasan Miliar Rupiah Anggaran untuk Stunting

Sebarkan artikel ini
IMG 20230731 WA0049

PEMERINTAH Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) mengalokasikan anggaran belasan miliar rupiah untuk penanganan stunting pada tahun 2024 mendatang.

Hal ini ditegaskan Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi usai dari rapat paripurna penyampaian rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2024, Senin (31/7/2023).

Baca Juga : Dito Adam Kecewa Dengan Koni Bangka Selatan, Ini Alasannya

Debby, begitu sapaan akrabnya tersebut menjelaskan, anggaran 2024 lebih difokuskan pada kualitas pelayanan dasar seperti infrastruktur dan perekonomian daerah.

“Sesuai saya sampaikan terkait RPJMD (Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Tahun 2021 hingga 2026, yang menjadi fokus kita di KUA-PPAS 2024 untuk meningkatkan kualitas pelayanan dasar, infrastruktur dan kualitas perekonomian daerah,” kata Debby.

Selain itu, lanjutnya, Pemkab Bangka Selatan juga fokus dalam penanganan stunting. Hal ini sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga : Polemik Atlet Biliar, Ini Kata Ketua Koni Bangka Selatan

“Stunting juga termasuk karena pada tahun 2024 Presiden RI Joko Widodo mengharapkan penurunan angka stunting harus mencapai 14 persen. Jadi semua pemerintah baik kabupaten, kota maupun provinsi harus bersama-sama kerja keras untuk menurunkan angka stunting,” jelas Debby.

Karena itu, kata Debby, Pemkab Bangka Selatan mengalokasikan anggaran dari APBD Tahun 2024 sebesar Rp 13,2 miliar untuk penanganan stunting.

“Anggaran itu untuk secara umum, karena ada yang spesifik dan ada yang sensitif. Sensitif itu untuk infrastruktur jalan dan sanitasi pemukiman, untuk spesifik selain BOK (Bantuan Operasional Kesehatan) di DAK (Dana Alokasi Khusus) dan APBD. Jadi total semuanya 13,2 miliar rupiah,” tutur Debby.