BeritaNasional/InternasionalPemerintahan

Seruan Menag Semua Umat Beragama Harus Dukung Rakyat Palestina

1
×

Seruan Menag Semua Umat Beragama Harus Dukung Rakyat Palestina

Sebarkan artikel ini
IMG 20231105 WA0006

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan Indonesia mengutuk agresi Israel kepada Palestina. Karenanya, Menag mengimbau seluruh umat beragama untuk memberikan dukungan kepada rakyat Palestina.

“Ini adalah tragedi kemanusiaan. Semua agama merasakan penderitaan saudara-saudara kita di Palestina. Jadi seharusnya apapun agamanya harus memberikan dukungan kepada warga Palestina. Korban di Palestina pun bukan hanya Muslim, ada pula umat Kristen dan Yahudi,” kata Yaqut dalam Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Monas, Jakarta, Minggu (5/11/2023).

Baca Juga : Indonesia Bersama Palestina, Presiden Lepaskan Bantuan untuk Rakyat Palestina

Sebagai Menteri Agama, lanjutnya, pemerintah menyerukan kepada seluruh umat beragama, khususnya umat Islam untuk menjadi inspirasi rahmah, inspirasi kasih sayang, inspirasi perdamaian dan inspirasi keadilan. Mengingat seruan tersebut diajarkan oleh semua agama.

“Ini yang perlu kita kedepankan sebagai cara untuk mencari resolusi konflik atas apa yang terjadi di Palestina,” ujar Yaqut dikutip babelhebat dari laman resmi kemenag.

Yaqut mengajak umat muslim khususnya, dan seluruh umat beragama untuk terus mendoakan rakyat Palestina yang telah wafat secara syahid akibat agresi Israel tersebut.

“Semoga mereka mandapatkan tempat yang terbaik, keadilan dan perdamaian, serta kemerdekaan segera diperoleh oleh bangsa Palestina,” ucapnya.

Baca Juga : Kelakar di Warung Kopi Jadi Opini

Yaqut menambahkan, bantuan untuk Palestina secara terorganisir dan terpusat dilakukan melalui Kementerian Luar Negeri.

“Kita melakukan penggalangan di ASN Kemenag dan stakeholder yang bisa kita akses untuk warga Palestina nantinya akan disalurkan oleh pemerintah,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan, bahwa bantuan untuk rakyat Palestina yang berasal dari seluruh elemen rakyat Indonesia pada tahap pertama sudah dilepas oleh Presiden Joko Widodo.

“Bantuan ini bukan hanya dari pemerintah, tapi dari seluruh rakyat Indonesia yang disalurkan melalui lembaga-lembaga kemanusiaan. Terima kasih rakyat Indonesia. Bantuan berikutnya sedang dipersiapkan,” ujarnya.

Diketahui, Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Monas, Jakarta dihadiri oleh sejumlah organisasi lintas agama seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Parasida Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi), Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin), Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, dan organisasi keagamaan lainnya.

Selain itu, juga dihadiri Menko PMK Muhadjir Efendi, Ketua DPR Puan Maharani, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, Wakil Ketua DPD RI Sylviana Murni, dan Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla.