BeritaHukumNasional/Internasional

Selama Tiga Hari Jampidsus Periksa 15 Saksi, Saksi Dugaan Korupsi Pertimahan

1
×

Selama Tiga Hari Jampidsus Periksa 15 Saksi, Saksi Dugaan Korupsi Pertimahan

Sebarkan artikel ini
IMG 20231108 WA0000

SETIDAKNYA, hingga kini tim penyidik Jampidsus Kejaksaan Agung (Kejagung) telah melakukan pemeriksaan terhadap 15 orang saksi yang diduga terlibat dalam pusaran korupsi pertimahan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pemeriksaan para saksi tersebut dilakukan secara bergilir sedari Senin (6/11/2023) lalu, dan terhitung selama tiga hari terakhir (Senin-Rabu_red) sudah 15 orang saksi yang diperiksa.

Rabu, 8 November 2023, penyidik Jampidsus Kejagung kembali memeriksa empat saksi atas perkara dugaan korupsi pengelolaan tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022.

Dari empat saksi yang menjalani pemeriksaan, salah satunya adalah Komisaris CV Aldo Atha Andara. yang saat ini masih menjadi mitra aktif penyuplai bijih timah ke PT Timah Tbk.

Selain Komisaris CV Aldo berinisial HH, tim penyidik juga melakukan pemeriksaan terhadap JJSM selaku pihak swasta atau kolektor timah ilegal, lalu ada ARS selaku Kepala Bidang Pengawasan dan Pengangkutan PT Timah tahun 2020 dan LAS selaku pihak swasta atau kolektor timah ilegal.

BACA JUGA : Kejagung Bongkar Korupsi Komoditas Timah, Lima Saksi Diperiksa

Dalam keterangan pers yang diterima redaksi dari Kepala Pusat Penerangan (Kapuspenkum) Kejagung, Ketut Sumedana menjelaskan bahwa pemeriksaan keempat saksi tersebut, guna memperkuat bukti-bukti adanya dugaan tindak pidana korupsi atas pengelolaan komoditas timah di dalam IUP PT Timah Tbk.

BACA JUGA : Kejagung Periksa 11 Orang Saksi Dugaan Korupsi Pertimahan di Bangka Belitung

“Adapun keempat orang saksi diperiksa terkait penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015 hingga 2022. Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara dimaksud,” tegas Ketut.

Guna keberimbangan berita, tim redaksi babelhebat.com masih terus berupaya mengkonfirmasikan ke para pihak terkait.