HukumNasional/InternasionalPemerintahan

Salam Hormat dan Sukses Selalu Pak, Mantan Kajari Bangka Selatan Dipercaya Jabat Kajari Jakarta Pusat

1
×

Salam Hormat dan Sukses Selalu Pak, Mantan Kajari Bangka Selatan Dipercaya Jabat Kajari Jakarta Pusat

Sebarkan artikel ini
IMG 20231011 WA0005

MANTAN Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Selatan periode 2018-2020, Dr. Safrianto Zuriat Putra, SH, MH yang saat ini menjabat sebagai Kepala Subdirektorat Tindak Pidana Korupsi dan Tindak Pidana Pencucian Uang pada Direktorat Upaya Hukum Luar Biasa, Eksekusi dan Eksaminasi Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung Republik Indonesia di Jakarta dipercayakan menjabat sebagai Kajari Jakarta Pusat.

Jabatan baru Jaksa Safrianto tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Jaksa Agung Nomor : KEP-IV-498/C/10/2023, Tanggal 9 Oktober 2023 yang ditandatangani oleh Jaksa Agung Muda Pembinaan, Bambang Sugeng Rukmono seperti dikutip dari laman www.adhyaksadigital.com

Jaksa kelahiran Meulaboh, Nanggroe Aceh Darussalam yang dikenal memiliki integritas, profesional dan humanis itu dipercayakan menggantikan posisi Hari Wibowo sebagai Kajari Jakarta Pusat yang dipromosi menjabat Asisten Pidana Umum Kejati DKI Jakarta dalam Surat Keputusan Jaksa Agung yang sama.

Saat bertugas menjabat sebagai Kajari Bangka Selatan, Safri sapaan akrabnya tersebut dinilai memiliki banyak terobosan dalam memajukan daerah hingga ke pelosok desa dan institusi yang dikomandoinya terasa dekat dengan masyarakat dan juga wartawan.

Selain itu, saat menjabat sebagai Kajari Bangka Selatan, Safri juga berani mengungkap kasus korupsi di Lingkungan Pemkab Bangka Selatan yang menjerat Sekda Bangka Selatan pada waktu itu.

Saat dihubungi wartawan Baselpos, Kamis (12/10/2023), Safrianto yang merupakan Alumni Universitas Sumatera Utara (USU) Medan mengungkapkan rasa syukurnya atas jabatan baru tersebut.

“Alhamdulillah. Ini jabatan saya yang kesekian kalinya dalam karir saya di Kejaksaan RI. Saya mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT dan terima kasih kepada pimpinan yang sudah mempercayakan kepada saya untuk menjabat sebagai Kajari Jakarta Pusat. Saya akan menjaga dan merawat amanah institusi dan pimpinan dengan sebaik-baiknya,” kata Safri.

Sementara itu, Kepala Desa Jeriji, A Iswandi mengakui, bahwa pihaknya sangat merasakan manfaat pendampingan yang diberikan oleh tim Kejari Bangka Selatan pada masa Safrianto menjabat sebagai Kajari Bangka Selatan.

“Beliau meninggalkan kesan terbaik di mata masyarakat desa kami, khususnya. Saat itu Kejari Bangka Selatan berhasil mengawal investasi pembangunan pabrik kelapa sawit di desa kami yang sangat diharapkan masyarakat dengan memberikan pendampingan hukum bagi Pemdes agar investasi sesuai regulasi,” ujar Iswandi.

Salah satu manfaat dari hasil pendampingan hukum tersebut, diakuinya, saat ini sudah dirasakan masyarakat berupa bantuan bibit sawit sebanyak 128 batang untuk 850 kepala keluarga di Desa Jeriji. Bantuan tersebut didapatkan dari pihak pabrik dan 50 persen bantuan bibit sudah disalurkan dan ditanam oleh masyarakat.

“Semoga peran pendampingan yang telah memberikan manfaat bagi ekonomi masyarakat kami jangka panjang menjadi amal ibadah bagi beliau dan kawan-kawan lainnya di Kejari Bangka Selatan. Semoga beliau selalu diberikan kesehatan dan kesuksesan dunia akhirat,” ucap Iswandi.