Bangka SelatanBerita

Riza : Pemkab Basel Siap Pasang Box Culvert di Kolong Bakung

0
×

Riza : Pemkab Basel Siap Pasang Box Culvert di Kolong Bakung

Sebarkan artikel ini
20240423 211313

PEMERINTAH Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) dalam waktu dekat bakal melakukan pemasangan Box Culvert atau pembangunan saluran drainase di Kawasan Kolong Bakung, Toboali.

Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid menjelaskan, tujuan utama dari pemasangan Box Culvert tidaklah lain agar tidak lagi terjadinya genangan air di permukaan jalan sehingga aliran air pada drainase di Kawasan Kolong Bakung lebih lancar.

“Pemasangan Box Culvert ini, kita rencanakan pada tahun ini (2024) oleh Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat),” kata Riza, Selasa (23/4).

Menurut Riza, kelancaran pada saluran drainase juga sangat dipengaruhi oleh ada atau tidaknya sumbatan pada saluran, yakni khususnya sampah. Karena itu, diimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

BACA JUGA : Bupati Basel Instruksikan Personel Satpol PP dan Dinsos Untuk Siaga

“Sebelumnya Dinas LH (Lingkungan Hidup) bersama masyarakat telah melakukan kegiatan pembersihan di beberapa titik yang dianggap rawan terjadinya genangan air seperti di Kawasan Kolong Bakung dan Kawasan Pelabuhan Toboali,” jelas Riza.

Riza mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan khususnya di saluran-saluran drainase.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Basel Elfan Rulyadi menegaskan bahwa dinasnya (PUPR_red) telah mengalokasikan anggaran khusus untuk meminimalisir potensi banjir.

BACA JUGA : Koperasi PTUMB Siap Bergerak dan Jadi Harapan Baru Bagi Pekerja Tambang Timah di Bangka Belitung, Dayat : IUP Tersebar di Seluruh Desa

“Dinas PUPR sendiri tahun ini mengalokasikan kegiatan untuk meminimalisir potensi banjir, utamanya di kawasan yang rentan,” ujar Elfan yang juga merangkap sebagai Kepala Disdikbud Basel.

Elfan membenarkan, bahwa untuk di Kawasan Kolong Bakung akan dilakukan pemasangan box saluran drainase.

“Sementara untuk di beberapa titik lainnya dilakukan pemeliharaan. Mudah-mudahan dengan penanganan ini kejadian banjir, genangan air di permukaan jalan dan pemukiman penduduk dapat berkurang,” tutur Elfan.