BeritaHukumNasional/InternasionalPangkalpinangPemerintahanPemilu 2024Pendidikan

Riza : KNPI Berikan Pemahaman yang Positif Ciptakan Pemilu Berkualitas

1
×

Riza : KNPI Berikan Pemahaman yang Positif Ciptakan Pemilu Berkualitas

Sebarkan artikel ini
IMG 20230809 WA0069 1

BUPATI Bangka Selatan, Riza Herdavid mengapresiasi kegiatan dialog kepemudaan yang diselenggarakan Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Basel, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 KNPI, Selasa (8/8/2023) malam di Kafe Gladok Toboali.

Dialog kepemudaan menyambut Pemilu 2024 bertemakan ‘Pemilih Cerdas, Pemilu Berkualitas’ patut diapresiasi lantaran langkah yang sangat tepat dalam memberikan sosialisasi kepada para pemuda dengan menghadirkan sebagai narasumber Ketua Bawaslu Bangka Belitung, Em Osykar dan Dosen Universitas Negeri Bangka Belitung, Luna Febriani.

“Tentunya saya sangat mengapresiasi kegiatan dialog kepemudaan yang diselenggarakan DPD KNPI menjelang Pemilu 2024. Artinya, KNPI bergerak memberikan pemahaman yang positif bagi para pemuda dalam menciptakan pemilu berkualitas,” jelas Riza, sapaan akrabnya.

IMG 20230809 WA0069

Diakui Riza, bahwa saat ini seluruh pihak tengah mempersiapkan dalam menyambut pesta demokrasi ‘Pemilu’ 2024 yaitu Pilpres, Pileg dan Pilkada pada akhir tahun 2024.

“Dalam waktu dekat ini atau pada awal tahun 2024 Pilpres (Pemilihan Presiden) dan Pileg (Pemilihan Legislatif). Setelah itu dilanjutkan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah). Makanya saya apresiasi dan berterima kasih kepada DPD KNPI Bangka Selatan, langkah tepat bagaimana mereka akan menjadi sumber-sumber penjelasan ke publik bagaimana menjalankan Pemilu sebenarnya, dan tentunya dimulai dari kegiatan deklarasi damai ini melalui dialog kepemudaan,” kata Riza.

IMG 20230809 WA0067

Riza menjelaskan, kegiatan seperti ini harus dilaksanakan secara berkelanjutan dan dikolaborasikan dengan program pemerintah daerah dalam hal ini Kesbangpol, guna membantu tugasnya Bawaslu dan KPU.

“Semoga apa yang dilakukan DPD KNPI ini bisa selaras dan terus berjalan untuk selalu ikut dalam mensosialisasikan yang terbaik bagaimana kita melaksanakan pesta demokrasi di Bangka Selatan,” ujar Riza.

IMG 20230809 WA0070

Sementara, Ketua Bawaslu Bangka Belitung, Em Osykar menyambut baik kegiatan dialog kepemudaan menyambut Pemilu 2024 yang diselenggarakan oleh DPD KNPI Basel.

Baca Juga : Cegah Politik Uang di Pemilu 2024, KPK Kampanyekan Hajar Serangan Fajar

“Kami harap ini pioner awal, dan diikuti organisasi kepemudaan lainnya. Kami siap sebagai badan pengawas untuk bersinergi dengan stakeholder pemerintah daerah, dengan ormas guna melakukan pengawasan yang maksimal,” jelasnya.

Bawaslu, lanjutnya, dalam hal pengawasan tetap mendahulukan dengan pencegahan guna menghindari sengketa proses pemilu.

“Sementara tahapan-tahapan pemilu ini sangat dekat, ada Pilpres, Pileg serta diikuti nantinya Pemilukada yang sangat sempit dan ketat ini diharapkan peran serta masyarakat dalam melakukan proses pengawasan dan fungsi pengawasan,” ujarnya.

Baca Juga : Rakerda KNPI, Ini Kata Bupati Bangka Selatan

Senada, Ketua DPD KNPI Bangka Selatan, Agam Primadi menegaskan, bahwa komitmen bersama terhadap terciptanya pemilu yang berkualitas melalui dialog.

“Diskusi kepemudaan yang mengarah kepada terwujudnya pemilu yang humanis yang baik yang bagus, tentunya berorientasi kepada kemajuan dan perkembangan daerah,” tuturnya.

Dialog kepemudaan ini, turut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Basel Eddy Supriadi, Kabag Ops Polres Bangka Selatan, Kompol Elfandi, Plt Kepala Diskominfo Bangka Selatan, Yuri Siswanto, Ketua Bawaslu Bangka Selatan, Azhari, Divisi ESDM dan Humas KPU Bangka Selatan, Nasrullah dan sejumlah tamu undangan lainnya.