Bangka SelatanBerandaBeritaNasional/InternasionalPemerintahan

Riza-Debby Lantik Ratusan PPPK, Ini Pesannya

0
×

Riza-Debby Lantik Ratusan PPPK, Ini Pesannya

Sebarkan artikel ini
IMG 20240522 WA0003 1

RATUSAN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang bertugas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan resmi dilantik dan diambil sumpahnya, Selasa (30/4/2024).

Prosesi pelantikan terhadap 467 PPPK ini dipimpin oleh Bupati Basel Riza Herdavid didampingi Wakilnya Debby Vita Dewi saat acara festival Ngarak Telok Herujo, dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahu (HUT) ke 21 Kabupaten Bangka Selatan, di Halaman Kantor Kecamatan Airgegas.

Dalam sambutannya Riza mengucapkan selamat bekerja kepada 467 orang (PPPK) yang dilantiknya dan kemudian akan menerima surat keputusan pengangkatan sebagai PPPK.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan mengucapkan selamat bekerja, saya harap kalian mampu membuktikan kinerja dengan prestasi kerja yang lebih baik dan akuntabel, jaga dan pertahankan integritas, loyalitas, disiplin dan komitmen terhadap tugas, fungsi dan tanggung jawab kalian semua. Teruslah memacu diri untuk tetap bersemangat, berdedikasi dan berprestasi dalam bekerja untuk mendukung terwujudnya pembangunan daerah,” kata Riza.

Riza mengingatkan kepada PPPK yang dilantiknya tersebut untuk bisa menjadi pelayan yang baik sekaligus bekerja menggunakan rasa, bekerja secara baik, inovatif, responsif, profesional, disiplin dan berintegritas serta memiliki kapabilitas yang tinggi, mencakup komitmen serta pengalaman.

“Pemerintah Daerah akan terus berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat, khususnya untuk dunia pendidikan dan sektor kesehatan di Kabupaten Bangka Selatan. Ratusan guru PPPK itu nantinya akan di evaluasi setiap lima tahun. Jangan sampai guru-guru tersebut justru tersandung permasalahan. Reward and punishment (Penghargaan dan hukuman) akan tetap saya lakukan,” jelas Riza.

Riza menjelaskan, prosesi pelantikan dilaksanakan di Halaman Kantor Kecamatan Airgegas, lantaran bertepatan dengan peringatan HUT ke 21 Kabupaten Bangka Selatan sekaligus festival Ngarak Telok Herujo. Karena itu, prosesi pelantikan disini juga sebagai salah satu upaya Pemkab Basel untuk membangkitkan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Alasan dan target kenapa acara pelantikan disini yaitu agar ratusan PPPK yang hadir bisa ikut serta meramaikan kegiatan ini, dan diharapkan pasca dilantik bisa membelanjakan uangnya disini sehingga dapat membantu pendapatan UMKM. Dampaknya perekonomian masyarakat di Desa Airgegas dapat menggeliat dengan adanya kegiatan ini,” ujar Riza.

Ratusan PPPK yang dilantik ini merupakan hasil dari perekrutan pada tahun 2023. Pemkab Bangka Selatan membuka sebanyak 596 formasi, meliputi 347 orang untuk formasi guru atau tenaga pendidik, 233 formasi untuk tenaga kesehatan dan 16 orang untuk tenaga teknis.

Namun saat tahapan berlangsung hanya 471 orang dinyatakan lolos. Rinciannya sebanyak 321 formasi untuk guru, 133 formasi kesehatan dan 13 formasi teknis.

Saat dalam proses penetapan Nomor Induk Pegawai atau NIP, terdapat 4 orang tidak disetujui Badan Kepegawaian Negara (BKN) lantaran menyangkut kualifikasi pendidikan. Oleh karena itu, sehingga Pemkab Basel terus berusaha agar dapat terfasilitasi dan dilantik. Sementara untuk 125 formasi lainnya tidak ada pelamar, khususnya dua persen alokasi formasi alokasi untuk penyandang disabilitas.

Adapun 467 PPPK yang dilantik dan menerima Surat Keputusan (SK) Pengangkatan, meliputi 325 orang tenaga guru, 129 orang tenaga kesehatan dan 13 orang tenaga teknis.