BeritaNasional/InternasionalPemerintahan

Riza : Asak Kawa Kite Pacak, Empat Kali Bangka Selatan Dapat Piala Adipura

1
×

Riza : Asak Kawa Kite Pacak, Empat Kali Bangka Selatan Dapat Piala Adipura

Sebarkan artikel ini
Screenshot 20240305 233013 Gallery

UNTUK keempat kalinya, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meraih piala adipura.

Bahkan untuk keempat kalinya ini, dari 7 kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tercatat hanya Kabupaten Bangka Selatan yang mendapatkan piala adipura hasil penilaian tahun 2023.

Karenanya itu, sehingga piala adipura keempat ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Pemkab Basel dan khususnya Riza-Debby (Bupati dan Wakil Bupati Basel). Mengingat selama kepemimpinan mereka berhasil mengukir sejarah dan prestasi dalam hal kebersihan lingkungan. Dan itu terbukti dengan tertatanya wajah Kota Toboali dari yang semrawut (kumuh) sebelumnya kini menjadi bersih dan rapi.

Alhamdulillah, Terima kasih masyarakat, pasukan kuning dan semua pihak terkait lainnya atas apa yang kita kerjakan, laksanakan dalam menjaga kebersihan lingkungan membuahkan hasil. Piala adipura keempat kalinya ini, merupakan hasil dari kerja kita bersama,” kata Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, Selasa (5/3/2024) petang.

Sebelumnya pada Selasa pagi, Riza, begitu sapaan akrab Bupati Basel tersebut menerima piala adipura dari Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Alue Dohong didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya, di Auditorium, Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

“Saya sebenarnya hanya mengambil saja. Piala ini adalah hasil kerja pasukan kuning, masyarakat dan DLH (Dinas Lingkungan Hidup). Kebagian untuk mengambil piala ini adalah kebahagiaan yang sangat luar biasa bagi saya. Piala adipura ini menjadi buah atas kerja keras, dan kolaborasi yang telah dilakukan petugas kebersihan, masyarakat, komunitas dan berbagai gerakan kebersihan yang ada di Kota Toboali, terutama pasukan kuning dan pasukan hijau dari Dinas Lingkungan Hidup,” ujar Riza.

Riza menambahkan, piala adipura diterima Pemkab Bangka Selatan sejak dari tahun 2017, 2018, 2022 dan 2023. Tahun 2019 dan 2021 program adipura ditiadakan, lantaran adanya pandemi Covid-19.

“Target kita kalau bisa mendapatkan lima kali berturut-turut piala adipura, dan memenuhi kriteria bisa memperoleh piala adipura kencana,” tutur Riza, dengan slogannya ‘Asak Kawa Kite Pacak’.