BeritaNasional/InternasionalPendidikan

PWI Bangka Selatan Bekali Puluhan Anggota Pramuka Ilmu Jurnalistik

1
×

PWI Bangka Selatan Bekali Puluhan Anggota Pramuka Ilmu Jurnalistik

Sebarkan artikel ini
IMG 20240212 WA0113

PULUHAN anggota pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengikuti kelas pelatihan jurnalistik dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Basel, Senin (12/2/2024).

Pelatihan ini dipusatkan di Perpustakaan Daerah (Perpusda) Basel, diikuti 33 pelajar tingkat SMA sederajat yang tergabung dalam Kwarcab Pramuka.

Dalam pelatihan ini, mereka diberikan pengenalan ilmu dasar  jurnalistik seperti teknik dasar menulis sebuah berita, praktik wawancara, praktik reportase dan teknik pengambilan video.

Wakil Ketua I PWI Basel Eko Septianto Rasyim mengatakan, bahwa pihaknya selama ini gencar memperkenalkan literasi kepada pelajar dengan harapan indeks literasi masyarakat, khususnya di kalangan pelajar Bangka Selatan dapat semakin meningkat.

“Pelajar dituntut untuk menerapkan literasi sejak dini. Karena itu, berliterasi menjadi modal utama bagi pelajar agar dapat meningkatkan kemampuan para pelajar untuk berpikir kritis, inovatif serta menumbuhkan budi pekerti yang baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal masing-masing dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Geboy, sapaan akrabnya tersebut.

Geboy mengakui, perjuangan rekan-rekan PWI Basel dalam meningkatkan minat literasi di kalangan pelajar tidak sia-sia. Tahun kemarin dari hasil kelas literasi sudah berhasil mencetak seorang penulis yang handal di sekolahnya.

“Alhamdulillah, beberapa tahun literasi yang kami gaungkan ada satu anak yang berhasil mencetak satu buku dan sudah diterbitkan. Tak hanya itu saat kegiatan ini berjalan terlihat ada interaktif pelajar dari sesi tanya jawab serta wawancara,” kata Geboy.

Geboy mengajak para pelajar untuk aktif dalam berliterasi. Mengingat literasi bukan hanya meningkatkan kemampuan baca, melainkan juga menambah pengetahuan menulis para pelajar yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

“Literasi memiliki banyak manfaat terutama bagi yang melanjutkan ke bangku perkuliahan terutama lancar dalam menyusun karya ilmiah dan menulis skripsi. Dengan tingginya animo berliterasi maka akan tumbuh generasi penerus masa depan dan pemimpin yang hebat dalam mempercepat pembangunan di Kabupaten Bangka Selatan,” tutur Geboy.(Dika)