BeritaHukumNasional/Internasional

Prajurit Kodim 0432 Bangka Selatan Dibekali Ilmu Kesehatan

2
×

Prajurit Kodim 0432 Bangka Selatan Dibekali Ilmu Kesehatan

Sebarkan artikel ini
IMG 20240116 WA0029

KOMANDO Distrik Militer 0432 Bangka Selatan bersama Dinas Kesehatan menggelar serangkaian penyuluhan kesehatan bagi para prajurit, Selasa (16/1/2024).

Kegiatan yang diikuti lebih dari 40 prajurit Kodim ini dibuka oleh Kasdim 0432 Basel, Mayor Arm Frengky Triwibowo, dengan menghadirkan perwakilan dari Puskesmas Toboali, dr Maikel Yosal sebagai narasumber.

Kegiatan tersebut dipusatkan di Ruang Pertemuan Makodim 0432 Basel, membahas tentang kesehatan hipertensi, antisipasi serangan jantung dan pencegahan penyakit darah tinggi.

“Kegiatan ini merupakan program dari komando atas. Ini sangat penting sekali mengenai kesehatan,” kata Kasdim 0432 Basel, Mayor Arm Frengky Triwibowo.

Sementara itu, materi yang disampaikan dr Maikel Yosal terkait dengan pencegahan hipertensi dan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS.

“Hipertensi ini dipicu dari kebiasaan merokok, terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin dan manis, serta kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga,” jelas dr Maikel Yosal.

Karena itu, lanjutnya, sangat penting sekali dalam menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari segala penyakit.

“Hipertensi bisa dicegah melalui pola hidup seimbang dan sehat, menjaga berat badan, olahraga dan aktivitas fisik yang teratur, hindari stres, pola makan yang teratur, hindari mengkonsumsi makan asin dan manis, serta pemeriksaan tekanan darah secara rutin,” ujar dr Maikel.

Terpisah, Dandim 0432 Basel Letkol Inf Gani Rachman menegaskan, kegiatan tersebut merupakan program dari komando atas. Tujuannya untuk memberikan ilmu pengetahuan tentang kesehatan bagi prajurit untuk menerapkan pola hidup sehat.

“Kepada seluruh prajurit agar memperhatikan kesehatan diri, maupun keluarga dengan cara rutin berolahraga untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap stabil, karena dengan tubuh yang sehat akan menunjang kinerja dalam menjalankan tugas,” tutur Letkol Gani.