BeritaNasional/Internasional

Polres Basel Gelar Isra Mikraj, Kapolres : Makna Isra Mikraj Kita Aplikasikan Dalam Pelaksanaan Tugas

1
×

Polres Basel Gelar Isra Mikraj, Kapolres : Makna Isra Mikraj Kita Aplikasikan Dalam Pelaksanaan Tugas

Sebarkan artikel ini
IMG 20240226 WA0019

Kepolisian Resor (Polres) Bangka Selatan menggelar serangkaian kegiatan peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW 1445 H/2024 M, Senin (26/2).

Kegiatan tersebut mengusung tema ‘Dengan Hikmah Isra Mikraj Menanamkan Moral Dalam Mewujudkan Polri yang Presisi Siap Mengawal Pemilu Damai’ ini dilaksanakan di masjid Roudhotul Jannah Polres Basel.

IMG 20240226 WA0020

Kapolres Bangka Selatan AKBP Trihanto Nugroho mengatakan, sebagaimana diketahui bersama Isra Mikraj merupakan peristiwa besar, yakni Nabi Muhammad SAW menerima perintah salat lima waktu.

“Perintah salat ini merupakan perintah Allah SWT untuk memandu manusia untuk melaksanakan seluruh yang diperintahkan Allah SWT,” ujar Trihanto.

IMG 20240226 WA0018

Makna yang terkandung dari Isra Mikraj ini, lanjut Kapolres, harus dimaknai dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan termasuk dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara.

“Dalam bertugas kita juga harus tahu, apa yang tidak boleh dilaksanakan dan apa yang boleh dilaksanakan,” jelasnya.

IMG 20240226 WA0012

Kapolres menjelaskan, pelaksanaan tugas juga merupakan bentuk ibadah. Apabila kondisi aman dan kondusif maka masyarakat dapat melakukan aktivitas dengan baik, beribadah dengan baik, bekerja dengan baik sehingga mampu menghidupi keluarga.

“Makna Isra Mikraj ini, kita aplikasikan juga dalam pelaksanaan tugas. Polri yang Presisi harus mampu menjaga toleransi dan keadilan dalam mengawal pemilu, tanpa memihak atau membedakan kelompok tertentu,” tegasnya.

IMG 20240226 WA0022

Sementara itu, Ustaz Febiyanto dalam tausiyahnya menyampaikan tentang makna kebesaran dan keagungan peristiwa Isra Mikraj sebagai bagian dari ajaran Islam.

Selain itu, Ustaz Febiyanto juga menekankan pentingnya keimanan sebagai dasar untuk menjadi individu yang amanah, khususnya bagi anggota Polri di wilayah hukum Polres Bangka Selatan.

IMG 20240226 WA0021

“Dengan menanamkan nilai-nilai moral yang terkandung dalam hikmah Isra Mikraj dengan baik, Insyaallah Polri dapat menjadi garda terdepan yang siap mengawal pemilu secara damai dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat,” tutur Ustaz Febiyanto kepada para jemaah.

Kegiatan peringatan Isra Mikraj ini, turut dihadiri Dandim 0432 Basel Letkol Inf Gani Rachman, para perwira, personel, ketua cabang Bhayangkari beserta pengurus Bhayangkari dan personel Kodim 0432 Basel.