Bangka SelatanBeritaPariwisata/Hiburan

Petugas Kebersihan Gerak Cepat Membersihkan Sampah di Kawasan Parit Tiga Toboali

0
×

Petugas Kebersihan Gerak Cepat Membersihkan Sampah di Kawasan Parit Tiga Toboali

Sebarkan artikel ini
IMG 20240416 WA00611

PETUGAS kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung gerak cepat membersihkan tumpukan sampah pasca pembukaan event pariwisata ‘Basel Bekecak, Behame Kite Pacak’ (Basel Berhias, Bersama-sama Kita Bisa) di Kawasan Sport Center Parit Tiga Toboali, Senin (15/4/2024) malam.

Sebanyak 0,5 ton sampah jenis plastik dan botol minuman kemasan berhasil dikumpulkan oleh petugas kebersihan.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Basel Gitto Arsyad menjelaskan, bahwa pada event pariwisata ‘Basel Bekecak’ ini tidak menarik retribusi sampah ke para pedagang (UMKM) yang berjualan di lokasi event.

“Selama event ini berlangsung, kita tidak menarik retribusi sampah ke pedagang karena untuk retribusi menjadi tanggung jawab pihak penyelenggara kegiatan,” kata Gitto, Selasa (16/4).

Baca Juga : Oke Gas, Tiga Hari Tiga Malam Parit Tiga Toboali Bergoyang

Pasca dari pembukaan event tersebut, lanjut Gitto, petugas kebersihan langsung bergerak melakukan pembersihan sehingga terkumpul sebanyak 0,5 ton sampah jenis plastik.

“Untuk retribusi sampah memang berdasarkan Perda (Peraturan Daerah) Nomor 1 Tahun 2024, penarikan retribusi dikenakan pada pihak penyelenggara kegiatan,” jelas Gitto.

Gitto menambahkan, dinas penyelenggara event tersebut yakni DKUKMINDAG dan DPKO. Karena itu, retribusi sampah menjadi tanggung jawab dinas yang dimaksud.

Baca Juga : UMKM Luar Daerah Serbu Toboali

“Untuk para pedagang tetap kita imbau agar menjaga kebersihan di sekitar lokasi event, sampah harus dikumpulkan di masing-masing lapak atau stand sehingga mempermudah petugas kebersihan untuk mengangkutnya,” ujar Gitto.