Berita

Perlengkapan Sekolah Gratis, Bukti Nyata Riza-Debby Peduli Pendidikan

0
×

Perlengkapan Sekolah Gratis, Bukti Nyata Riza-Debby Peduli Pendidikan

Sebarkan artikel ini

PROGRAM bantuan perlengkapan sekolah gratis untuk anak Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Bangka Belitung (Babel) terus berlanjut seperti tahun sebelumnya terealisasi 100 persen.

Diketahui, bahwa program bantuan perlengkapan sekolah gratis ini salah satu dari empat program unggulan Bupati Basel Riza Herdavid bersama Wakilnya Debby Vita Dewi. Selain itu, program tersebut merupakan janji politik Riza-Debby saat masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, dengan slogan Berdoa (Bersama Riza Debby) ‘Asak Kawa Kite Pacak’.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Basel Elfan Rulyadi menjelaskan, jumlah penerima bantuan perlengkapan sekolah gratis pada tahun lalu (2021) sebanyak 7.300 penerima. Meliputi 3.800 untuk peserta didik baru atau kelas 1 sekolah dasar dan 3.500 untuk peserta didik baru kelas 1 SMP.

“Program bantuan ini diluar program ayo sekolah lagi, back to school yang juga ikut kita bagikan untuk anak kurang mampu, anak usia sekolah dan ingin kembali ke sekolah,” ujar Elfan saat Konferensi pers di Ruang Rapat Gunung Namak Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Basel, Jum’at (22/7/2022).

Sementara untuk tahun ini (2022) jumlah penerima bantuan perlengkapan sekolah gratis ditargetkan sebanyak 4.000 peserta didik baru untuk tingkatkan SD maupun SMP. Mengingat ada penambahan terhadap jumlah rombongan belajar atau Rombel di seluruh sekolah.

“Ada penambahan Rombel baik di tingkat SD maupun SMP. Harapan kami pada program bantuan ini menyasar ke seluruh peserta didik baru dalam program ayo sekolah lagi,” jelas Elfan.

Elfan menambahkan, perlengkapan sekolah gratis tersebut berupa kaos kaki, baju seragam, ikat pinggang, topi, dasi, tas, buku, pena, penggaris, pensil, penghapus dan buku gambar.

“Saat ini masih dalam proses pendataan dan penetapan terhadap jumlah peserta didik baru di masing-masing sekolah,” kata Elfan.