Bangka SelatanBerandaBeritaHukumNasional/InternasionalPemerintahan

Pengawasan di Pelabuhan Sadai Dipertanyakan, Petugas Pelabuhan Jangan Tidur

0
×

Pengawasan di Pelabuhan Sadai Dipertanyakan, Petugas Pelabuhan Jangan Tidur

Sebarkan artikel ini
20240612 012406

PENGAWASAN terhadap barang muatan dan penumpang di Pelabuhan Sadai, Kecamatan Tukak Sadai, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, patut dipertanyakan. Ini mengingat atas dugaan adanya aksi penyelundupan pasir timah dengan menggunakan kapal (KMP) Menumbing Raya dari Pelabuhan Tanjung Ru Belitung bersandar di Pelabuhan Sadai.

Buktinya, pada Rabu (12/6/2024) dinihari, terdapat satu unit mobil truk warna merah keluar dari KMP Menumbing Raya dengan barang muatan pasir timah lolos dari pemeriksaan petugas pelabuhan. Padahal, Pelabuhan Sadai merupakan pelabuhan resmi milik pemerintah yaitu Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel).

VideoCapture 20240612 060101

Seperti diketahui, Pelabuhan Sadai, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung disinyalir sebagai pelabuhan penyelundupan pasir timah.

Hal tersebut diketahui setelah satu unit Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Menumbing Raya bersandar di Pelabuhan Sadai, Rabu (12/6/2024), sekira pukul 02.07 WIB.

Begitu bersandar di Pelabuhan Sadai terdapat satu unit mobil truk berwarna merah ditutup terpal merah, dengan nomor polisi (Nopol) BN 8231 WP keluar dari dalam kapal, langsung dihentikan oleh Kasat Polair Polres Basel Iptu Renaldi didampingi Kasat Reskrim Iptu Raja Taufik Ikrar Buntani dan Kasat Intelkam AKP Rizky Yanuar Hernanda beserta anggotanya. Namun tak digubris oleh sang sopir, dan mobil melaju begitu saja hingga keluar dari kawasan pelabuhan.

Mobil truk tersebut diduga membawa pasir timah dari Pelabuhan Tanjung Ru Belitung, dengan menumpang KMP Menumbing Raya, Selasa (11/6) petang.

Kasat Reskrim Polres Bangka Selatan, Iptu Raja Taufik Ikrar Buntani menjelaskan, kehadiran personel Polres Basel di Pelabuhan Sadai untuk melaksanakan kegiatan gabungan bersama Direktorat Polairud Polda Babel.

“Jadi untuk mobil truk itu langsung dibawa ke Mako Polairud Polda Babel. Untuk Polres Bangka Selatan sifatnya backup hingga lepas dari Wilkum (Wilayah Hukum) Bangka Selatan,” kata Iptu Raja.

Raja menambahkan, berdasarkan informasi yang diterimanya dari media, bahwa mobil truk tersebut membawa pasir timah (Bijih Timah_red).

“Namun silakan konfirmasi ke Direktorat Polair sebagai pelaksana giat (kegiatan_red),” tegas Raja. BACA JUGA : Pelabuhan Sadai Pelabuhan Penyelundupan Timah, Ini Buktinya

BACA JUGA : Mobil Dump Truk dari Belitung Bawa Pasir Timah ke Bangka Lewat Pelabuhan Sadai