Berita

Pengawas Pemilu Harus Paham Aturan

0
×

Pengawas Pemilu Harus Paham Aturan

Sebarkan artikel ini
20230625 075433

BADAN Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengingatkan seluruh jajaran pengawas untuk memahami aturan dan strategi dalam mengawasi tahapan Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Bangka Selatan, Azhari saat acara fasilitasi pembinaan dan penguatan kelembagaan, di Hotel Grand Marina Toboali, Jum’at (23/6/2023).

Azhari menjelaskan, sebagai pengawas pemilu harus paham aturan dalam mengawasi setiap tahapan pemilu. Selain paham aturan, juga harus mempunyai strategi mengawasi untuk mencegah terjadinya pelanggaran.

BACA JUGA : ASN dan Non ASN Harus Ingat Ini

“Pengawas juga harus bersinergi dengan berbagai pihak untuk bersama-sama dalam memantau dan mengawasi seluruh tahapan pemilu. Mengingat pemilu milik orang banyak, karena itu harus bersinergi dengan tokoh masyarakat, agama, pemuda, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan seluruh pemangku kepentingan lainnya,” kata Azhari.

BACA JUGA : Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Bentuk Gugus Tugas Pengawasan Pemberitaan dan Iklan

Selain itu, lanjutnya, pengawas desa, kelurahan dan kecamatan harus saling bersinergi dalam menyelesaikan setiap temuan ataupun pelanggaran.

“Penyelesaian atas pelanggaran yang ditangani wajib dibuatkan laporan dan disampaikan ke Bawaslu,” tegas Azhari.