BeritaNasional/InternasionalPemerintahan

Pemungutan Suara Pemilu 2024 di Kota Pangkalpinang Kondusif

1
×

Pemungutan Suara Pemilu 2024 di Kota Pangkalpinang Kondusif

Sebarkan artikel ini
IMG 20240214 WA0180

PENJABAT (Pj) Wali Kota Pangkalpinang bersama Pj Gubernur serta Forkopimda Bangka Belitung dan Forkopimda Kota Pangkalpinang melakukan pemantauan pelaksanaan pemungutan suara di TPS 005 dan 006 Kelurahan Bukit Merapin, Kecamatan Gerunggang, Rabu (14/2/2024).

Pantauan di lapangan, sejak pukul 08.00 WIB masyarakat yang terdata di kedua TPS tersebut sudah berbondong-bondong datang untuk menyalurkan haknya di pesta demokrasi lima tahunan ini.

Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal Zakaria Ali mengatakan, secara umum dari laporan di lapangan dan pantauannya, konstesasi politik di Bangka Belitung berjalan lancar. Meskipun ada kekurangan, namun hal itu sudah ditangani secara teknis oleh KPU.

“Sejak pagi tadi kita lihat pemungutan suara ini sudah berlangsung dan secara general berlangsung aman dan lancar,” jelas Safrizal.

Safrizal menjelaskan, Forkopimda Babel maupun Forkopimda Pangkalpinang akan mengawal dan siaga membantu segala hal yang bisa dilakukan. Namun tetap proses penyelenggaraan berada di tangan KPU.

Senada diutarakan Pj Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan juga sudah menggunakan hak pilihnya di TPS 6 Kelurahan Batin Tikal, Kecamatan Tamansari. Setelah menyalurkan hak suaranya dilanjutkan dengan memantau TPS bersama Pj Gubernur dan jajaran Forkopimda.

Lusje mengapresiasi TPS 005 Kelurahan Bukit Merapin yang menggunakan aksesoris dan menghias sedemikian rupa lokasi pemungutan suara dengan adat melayu. Termasuk petugas di TPS yang menggunakan baju kurung melayu khas Babel.

“Ini mencirikan kita sebagai Kota Pangkalpinang dengan budaya melayunya. Sangat luar biasa. Kalau dimasukkan di media sosial dan dilihat banyak orang, orang akan tahu Pangkalpinang itu dengan adat melayunya,” kata Lusje.

Lusje mengakui bahwa hasil pantauan di lapangan, pemungutan suara berlangsung kondusif. Bahkan di TPS yang dikunjunginya itu, sudah 70 persen masyarakat yang hadir dan melakukan pencoblosan.

“Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan kalau siang ini kita lihat semua berjalan kondusif. Kita harap sampai perhitungan suara juga lancar,” ujarnya.

Lusje berharap siapapun yang terpilih nanti adalah yang terbaik, dan masyarakat harus bisa menerima dengan hasil tersebut.

“Harus legowo (menerima) dengan yang terpilih. Kalau pun pilihannya belum terpilih juga harus legowo, boleh saja kecewa tapi tidak usah lama-lama,” tuturnya.