Pariwisata/HiburanBangka SelatanBerita

Pemkab Basel Sulap Benteng Kota Toboali Jadi Kawasan Wisata dan Permainan

0
×

Pemkab Basel Sulap Benteng Kota Toboali Jadi Kawasan Wisata dan Permainan

Sebarkan artikel ini
20240102 183602

PEMERINTAH Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) melalui Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (DPKO) bakal membangun lanskap kawasan wisata sekaligus pengadaan peralatan wahana permainan.

Dua kegiatan besar ini berupa pengadaan peralatan wahana permainan senilai Rp 8.347.200.000,00 dan pembangunan lanskap kawasan Benteng Toboali senilai Rp 13.450.000.000,00.

Kepala Bagian Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Kabupaten Bangka Selatan, Dedy Yunihardi menjelaskan, dua kegiatan tersebut sudah masuk tahap lelang atau tender dengan sistem LPSE.

“Ya, saat ini dua proyek (kegiatan_red) tersebut sudah memasuki tahap proses tender,” kata Dedy, kepada wartawan, Selasa (2/4/2024).

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (DPKO) Basel Firmansyah menjelaskan, untuk wahana permainan akan di bangun konstruksi dan sarana prasarana pendukung seperti tempat toilet dan pagar.

“Sedangkan pada tamannya kita bangun dengan lanskap atau menyesuaikan dengan kawasan,” ujar Firmansyah.

Untuk yang taman, lanjutnya, dengan lanskap berkonsep penataan sesuai dengan kawasan Benteng Toboali. Sedangkan untuk alat-alat permainan berdasarkan Rencana Anggaran Biaya (RAB) terdapat ferrish wheel atau bianglala dan rainbow slide atau perosotan warna warni.

“Harapan kita, dengan terbangunnya lanskap serta wahana permainan untuk mempercantik penataan wajah kota, sehingga wisatawan dapat meningkat berkunjung ke Bangka Selatan karena memiliki wisata buatan yang bernilai jual dan daya tarik bagi wisatawan,” tuturnya.