BeritaNasional/InternasionalPemerintahan

Pemkab Basel Komitmen Jalankan Program Kota Cerdas

1
×

Pemkab Basel Komitmen Jalankan Program Kota Cerdas

Sebarkan artikel ini
download 2023 11 04T081201.266

PEMERINTAH Kabupaten Bangka Selatan mengikuti evaluasi implementasi program Kota Cerdas ‘Smart City’ tahap II melalui zoom meeting di Gedung Basel Command Center (BCC), Jumat (3/11/2023).

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut pelaksanaan evaluasi implementasi program kota cerdas tahap I yang telah dilaksanakan pada 12-14 Juni 2023 di Shangri-La Hotel Surabaya.

Berkenaan hal itu, Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian PAN dan RB, melaksanakan kegiatan evaluasi implementasi program kota cerdas tahap II.

download 2023 11 04T081138.141

Kegiatan evaluasi ini ditujukan untuk menilai hasil implementasi program kota cerdas tahun 2023 pada 191 kota/kabupaten yang terpilih pada periode 2017-2022. Salah satunya itu Kabupaten Bangka Selatan.

Evaluasi ini sekaligus melaporkan hasil monitoring dan evaluasi implementasi program kota cerdas.

Asisten Administrasi Umum Pemkab Basel, Gatot Wibowo bersyukur dan mengapresiasi, bahwa Pemerintah Pusat memberikan porsi tersendiri kepada beberapa daerah, termasuk Kabupaten Bangka Selatan dalam program kota cerdas.

“Pada evaluasi ke dua ini sudah kita sampaikan apa-apa yang sudah menjadi progres dari kita, apa kecepatan maupun percepatannya dan apa juga yang menjadi hambatan bagi kita terkait program kota cerdas. Jadi semua langkah itu telah kita sampaikan,” jelas Gatot, sapaan akrabnya tersebut.

Gatot berharap kekurangan-kekurangan serta hambatan yang ada dalam pelaksanaan program kota cerdas bisa menjadi intervensi dari Pemerintah Pusat.

“Diluar progres dan percepatan yang baik tentu ada beberapa kendala dan kekurangan, dan itu kita sampaikan secara utuh, bahkan kita juga menyampaikan kalau memungkinkan terhadap kekurangan-kekurangan serta hambatan bisa menjadi intervensi dari Pemerintah Pusat. Harapannya begitu dan yang diluar postur APBD mungkin bisa dibantu dengan postur-postur atau biaya lain apakah APBN atau pun DAK, apapun namanya yang bisa mengintegrasikan program kota cerdas terhadap pembangunan di Bangka Selatan,” kata Gatot.

Gatot memastikan, bahwa Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan berkomitem dan mengupayakan untuk terus menjalankan program kota cerdas tersebut.

Zoom evaluasi tersebut diikuti Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Yuri Siswanto, Kepala Bagian Organisasi Setda Basel Rustam, Kepala Bidang E-Government Metriyopi dan Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Defi Ahmad Batuah.

Baca Juga : 

Ini Kata Plh Sekda Bangka Selatan Tujuan Utama dari FGD Smart Id

Masterplan Smart City Basel Selesai, Penandatanganan Komitmen Bersama Menuju Basel Smart City

Prestasi Awal Tahun 2022, Pemkab Basel Masuk Daftar Kedua & Terpilih Mengikuti Gerakan Menuju Kota Cerdas

Pemkab Bangka Tengah Belajar Tentang City Branding ke Bangka Selatan

Empat Aplikasi Karya ASN Bangka Selatan Diluncurkan