Bangka SelatanBeritaNasional/InternasionalPemerintahan

Pemkab Basel Bersama BPS Mantapkan Rencana Pembangunan 2025-2045

0
×

Pemkab Basel Bersama BPS Mantapkan Rencana Pembangunan 2025-2045

Sebarkan artikel ini
IMG 20240507 WA0083

BADAN Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pembangunan (BP3) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan serangkaian kegiatan Focus Group Discussion (FGD) pemantapan indikator sasaran visi dan 45 indikator utama pembangunan bersama Badan Pusat Statistik (BPS) dan beberapa perangkat daerah terkait, Senin (6/5/2024).

Kegiatan FGD ini dipusatkan di Ruang Studio Pulau Kelapan BP3 Basel, dipimpin oleh Kepala BP3 Herman.

“Kegiatan FGD ini merupakan rangkaian tahapan dalam rangka pemantapan, validasi, verifikasi dan klarifikasi serta penajaman terkait 45 indikator utama pembangunan dalam dokumen rancangan awal RPJPD Bangka Selatan 2025-2045,” kata Herman.

Herman menjelaskan, bahwa kegiatan FGD ini sangat penting untuk dilaksanakan dalam rangka melakukan diskusi teknis, yang berkaitan dengan meta data formulasi indikator utama pembangunan untuk mencermati angka-angka yang sebelumnya sudah disampaikan dalam rancangan awal RPJPD Basel 2025-2045.

“Selain itu, melakukan validasi serta klarifikasi guna memantapkan angka-angka indikator yang tervalidasi secara metodelogi yang bisa dipertanggungjawabkan dalam norma-norma statistik,” ujar Herman.

Sementara itu, Kepala BPS Basel Agung Rahmadi menegaskan, bahwa pada prinsipnya BPS siap untuk mendampingi tim penyusun RPJPD Basel guna memberikan arahan pengambilan atribut data.

“Menganalisis melalui metode yang benar guna menghasilkan produksi data perhitungan indikator pembangunan yang ditetapkan sesuai dengan arahan Bappenas,” jelas Agung.