BeritaNasional/InternasionalPemerintahanPendidikanPT Timah Tbk

Pemali Boarding School Bukti PT Timah Tbk Peduli Pendidikan

2
×

Pemali Boarding School Bukti PT Timah Tbk Peduli Pendidikan

Sebarkan artikel ini
657980618bd1b

PT TIMAH Tbk terus berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkar tambang. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memberikan beasiswa pendidikan bagi anak-anak di wilayah operasional perusahaan.

Anggota Holding Pertambangan Indonesia MIND ID, PT Timah Tbk menyadari pendidikan merupakan aspek yang penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkar tambang.

Sejak tahun 2000, PT Timah Tbk secara konsisten memberikan beasiswa pendidikan bagi para pelajar di wilayah operasional perusahaan melalui CSR PT Timah Tbk lewat program Pemali Boarding School.

Program Pemali Boarding School telah melahirkan ratusan alumni yang berkarir di berbagai bidang. Beasiswa pendidikan ini menyasar siswa lulusan SMP di wilayah operasional perusahaan yang berprestasi namun kurang beruntung secara ekonomi.

Program beasiswa ini dalam bentuk biaya pendidikan, tempat tinggal, biaya hidup dan kebutuhan pendidikan para siswa yang ditempatkan di asrama milik PT Timah Tbk dan mengenyam pendidikan formal di SMAN 1 Pemali, Kabupaten Bangka.

Komitmen PT Timah Tbk dalam mendukung sektor pendidikan ini tak lepas dari dukungan Kementerian BUMN yang dipimpin Erick Thohir yang terus mendorong perusahaan BUMN untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Program kelas beasiswa PT Timah Tbk ini telah dirasakan manfaatnya oleh para pelajar seperti yang disampaikan salah satu siswa yang saat ini sedang mengenyam pendidikan melalui Program Kelas Beasiswa PT Timah Tbk, Naurah Ashira siswa kelas X di SMAN 1 Pemali.

“Banyak manfaat yang saya rasakan dengan terpilih dalam program beasiswa PT Timah Tbk, yaitu terutama bisa membantu meringankan orang tua. Saya juga bisa menjadi pribadi yang lebih disiplin dan taat peraturan, bisa melatih jiwa kompetisi karena dapat bersaing dengan orang-orang hebat lainnya,” kata Naurah.

Naurah mengakui, bahwa PT Timah Tbk mendukung penuh proses pendidikan yang mereka jalankan mulai dari fasilitas di asrama hingga kegiatan lainnya yang menunjang kemampuan akademik mereka.

“Dengan adanya program kelas beasiswa sangat membantu saya dan orang tua saya secara finansial dan akademik, karena dengan mengikuti program beasiswa PT Timah Tbk, biaya sekolah dan kehidupan saya selama di asrama ini ditanggung oleh PT Timah Tbk, jadi kami fokus belajar,” ujarnya.

Diakuinya, bahwa ia bisa terus termotivasi untuk terus memiliki daya saing tinggi agar bisa menggapai kesuksesan.

“Program kelas beasiswa PT Timah Tbk bisa membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkar tambang. Program ini membantu kami untuk meraih cita-cita asal kami akan kerja keras dalam belajar,” katanya.

Senada diutarakan Dzakwan Ariqah pelajar asal Manggar, Kabupaten Belitung Timur mengatakan dirinya sangat bersyukur bisa mendapatkan program kelas beasiswa PT Timah Tbk. Banyak hal baru yang dirasakannya dan terus memotivasi untuk terus berkembang.

“Saya merasakan bahwa saya berkembang menjadi pribadi yang jauh lebih mandiri dan bertanggung jawab. Saya termotivasu untuk menuntut ilmu dengan sungguh sungguh di lingkungan yang sangat kompetitif, sehingga saya terpacu untuk selalu belajar lebih baik lagi setiap harinya,” jelas Dzakwan.

Dzakwan mengapresiasi komitmen PT Timah Tbk yang mendukung penuh program kelas beasiswa PT Timah Tbk seperti memenuhi fasilitas dan pengembangan diri mereka.

“Program kelas beasiswa PT Timah Tbk ini dapat membantu saya dan orang tua saya secara finansial, karenanya mereka juga tidak perlu lagi memikirkan beban untuk menyekolahkan saya. Di asrama kami bukan hanya diajarkan untuk mengejar nilai di sekolah, tapi juga dituntut untuk memiliki karakter yang baik. Hal ini bertujuan agar kami nanti tidak hanya menjadi orang sukses, tapi juga orang yang bernilai dan berkarakter ketika kami terjun ke masyarakat,” ujarnya.

Dzakwan Ariqah berharap, PT Timah Tbk dapat terus mempertahankan program ini dan melakukan peningkatan kualitasnya. Hal ini, agar kebermanfaatan dapat terus dirasakan oleh masyarakat yang berada di lingkar tambang.

“Ini juga bentuk kepedulian PT Timah yang harus dilanjutkan bahkan menjadi teladan bagi perusahaan lain untuk terus peduli dengan pendidikan di Indonesia,” tuturnya.