BeritaHukumNasional/Internasional

Pegawai dan Warga Binaan Rutan Muntok Gelar Upacara Hari Pahlawan

1
×

Pegawai dan Warga Binaan Rutan Muntok Gelar Upacara Hari Pahlawan

Sebarkan artikel ini
IMG 20231110 WA0037

PEGAWAI dan warga binaan Rumah Tahanan Negara Kelas II B Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, menggelar serangkaian upacara Hari Pahlawan, Jumat (10/11/2023).

Kegiatan yang dipusatkan di Halaman Rutan, Jalan Kapten Piere Tendean Nomor 1, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat ini, disaksikan 200 lebih Warga Binaan Pemasyarakatan atau WBP.

IMG 20231110 WA0036

Upacara tersebut dipimpin Kepala Rutan Achmad Andrian sekaligus membacakan amanat Menteri Sosial, mengajak untuk semangat dan tidak menyerah dengan keadaan menghadapi penjajahan modern yang kian nyata.

BACA JUGA : Mengapa Tanggal 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan?

Achmad Andrian, yang merupakan putra daerah Muntok mengajak para warga binaannya tersebut untuk menjaga kebersihan dan keamanan di lingkungan Rutan.

“Saya berpesan, khususnya kepada warga binaan pemasyarakatan agar menjaga rumah (Rutan_red) kita ini, menjaga keamanan dan kebersihan rumah kita ini bersama-sama,” ujar Achmad.

Sekunder 1

Diketahui, Hari Pahlawan ke-78 tahun 2023, mengusung tema ‘Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan’.

Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata.

Sementara logo utama dan penjelasan karakternya yakni Pahlawan adalah orang yang merangkul orang lain demi tercapainya tujuan bersama dan tidak hanya memikirkan diri sendiri.

Filosofi logonya 

Matahari

Matahari melambangkan penerangan, mengingat bagaimana kehadirannya yang terang menerangi dunia dan memberikan harapan sama seperti pahlawan.

Saling merangkul

Pahlawan adalah orang yang merangkul orang lain demi tercapainya tujuan bersama dan tidak hanya memikirkan diri sendiri.

Anyaman bambu

Anyaman merupakan tradisi bangsa Indonesia yang banyak dijadikan sebagai usaha rakyat. Ini merupakan simbolisasi bagaimana ekonomi kerakyatan bisa membuat Indonesia tumbuh.