BeritaNasional/Internasional

Pasca Pemilu 2024, Kemenag Imbau Khatib Jumat Untuk Sampaikan Pesan Persaudaraan

1
×

Pasca Pemilu 2024, Kemenag Imbau Khatib Jumat Untuk Sampaikan Pesan Persaudaraan

Sebarkan artikel ini
1707906092

DIREKTUR Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Kementerian Agama, Adib mengimbau khatib Jumat untuk menyampaikan pesan persaudaraan.

Ajakan ini disampaikan berkenaan dengan usainya tahapan Pemilu 2024.

“Kami mengimbau kepada para khatib Jumat untuk menyuarakan pesan merekatkan persaudaraan pasca Pemilu 2024 di mimbar-mimbar masjid,” ujar Adib di Jakarta, Rabu (14/2).

Adib menjelaskan, khatib berperan sangat penting dalam memberi pemahaman dan pencerahan kepada masyarakat terkait pentingnya menghargai keragaman pilihan politik. Perbedaan yang ada tidak semestinya menjadi sebab renggangnya hubungan persaudaraan.

“Selama proses kampanye, di tengah masyarakat kerap terjadi perdebatan terkait pilihan politik. Karenanya, khatib punya peran penting untuk menjaga kondusifitas dan persaudaraan,” ujarnya.

“Jangan terpancing dengan isu-isu yang berpotensi menimbulkan konflik,” imbuhnya.

Adib mengajak umat Islam di Indonesia bersikap dewasa dalam menyikapi hasil demokrasi yang berlangsung tiap lima tahun sekali ini.

“Tunjukkan sikap dewasa di tengah masyarakat. Jangan melakukan tindakan yang dapat mengancam sendi-sendi kerukunan bangsa dan negara,” pungkasnya.

Sumber : Kemenag