EkbisNasional/InternasionalPariwisata/HiburanPemerintahan

Mari Saksikan Festival Kemilau Pesona Bangka Selatan, Catat Ini Jadwalnya

1
×

Mari Saksikan Festival Kemilau Pesona Bangka Selatan, Catat Ini Jadwalnya

Sebarkan artikel ini
IMG 20231012 WA0010

PEMERINTAH Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) bakal menggelar event wisata bertajuk ‘Festival Kemilau Pesona Bangka Selatan’ yang dipusatkan di Kota Toboali.

Event wisata ini, diharapkan dapat menarik pengunjung baik dari luar daerah maupun masyarakat lokal.

“Event wisata ini merupakan ruang kreasi untuk mengasah bakat dan meningkatkan prestasi pelaku seni dan budaya daerah, khususnya di Bangka Selatan sehingga pelaku seni dan budaya semakin berkembang,” kata Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, Kamis (12/10/2023).

IMG 20231012 WA0002

Selain itu, lanjut Riza, target utama dari event ini adalah semakin menggeliatnya perekonomian daerah. Terutama pada sektor Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Setiap event yang diselenggarakan oleh pemerintah harus memberikan dampak kepada para pelaku usaha kecil menengah, dengan demikian perekonomian di daerah hidup, pelaku UKM terbantu dan semua merasakan dampak dari setiap event yang diselenggarakan,” ujar Riza, sapaan akrabnya.

IMG 20231012 WA0003

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pemkab Basel, Firmansyah menjelaskan, event wisata bertajuk ‘Festival Kemilau Pesona Bangka Selatan’ tersebut dilaksanakan selama dua hari yang di mulai pada tanggal 21-22 Oktober 2023.

Rangkaian kegiatannya, meliputi festival tari kreasi daerah, festival band, Toboali foto competition, festival makanan tradisional, habang zumba dance, lomba mewarnai, pertunjukan bonsai serta touring mobil volkswagen.

IMG 20231012 WA0010

“Untuk festival tari kreasi kita targetkan akan diikuti sebanyak 12 sanggar dan festival band ditargetkan akan diikuti sebanyak 25 grup. Untuk asal sanggar tari dan grup band kita buka umum, artinya tidak hanya dari Bangka Selatan, tetapi juga dari luar daerah,” kata Firmansyah.

Firmansyah menambahkan, untuk mendorong geliat UKM pada event tersebut dengan membuka bazar UKM. Antusias pelaku UKM menyambut event ini sangat luar biasa, yang dibuktikan dengan terisinya seluruh stand UKM sebelum event di mulai.

“Kami sangat optimis arahan dan target pimpinan agar event ini menggerakkan geliat perekonomian UKM tercapai,” jelas Firmansyah.

Karena itu, lanjutnya, event wisata tersebut di desain secara atraktif dan meriah.

“Kami mengajak seluruh masyarakat Bangka Selatan dan Bangka Belitung pada umumnya, serta luar daerah untuk datang menyaksikan kemeriahan Kemilau Pesona Bangka Selatan,” tutur Firmansyah.