BeritaNasional/InternasionalPemerintahan

Kota Toboali Salah Satu Kota Tertua di Bangka Belitung

1
×

Kota Toboali Salah Satu Kota Tertua di Bangka Belitung

Sebarkan artikel ini
download 2023 10 25T235141.037

KOTA Toboali merupakan salah satu kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tercatat sebagai kota tertua di Bumi Negeri Serumpun Sebalai (Babel).

Kota Toboali merupakan Ibu kotanya Kabupaten Bangka Selatan yang terbentuk 20 tahun lalu atau tepatnya 27 Januari 2003 hasil perjuangan presidium.

Saat ini Kota Toboali berusia 315 tahun (25 Oktober 1708-25 Oktober 2023) berdasarkan Peraturan Daerah atau Perda Nomor 3 Tahun 2023.

Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) bersama DPRD setempat, Rabu (25/10/2023) menggelar serangkaian kegiatan Rapat Paripurna di Gedung Mahligai DPRD Basel dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Toboali ke 315 tahun, bertemakan ‘Hane Hini Hame-Hame (Sana Sani Sama-Sama).

Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi menjelaskan, penetapan Hari Jadi Kota Toboali dilakukan berdasarkan pendekatan sosio historis pada tanggal 25 Oktober 1708 yang tertuang dalam Perda Nomor 3 Tahun 2023. Dengan ditetapkannya Hari Jadi Kota Toboali, maka Kota Toboali menjadi kota tertua di Bangka Belitung.

“Kita patut bangga, di usia ini (315 tahun) Toboali harus menjadi panutan bagi kota-kota lainnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya, sebagai upaya mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih baik dari segala sektor yang ada, dalam mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, sebagaimana yang tercantum pada sila terakhir Pancasila,” kata Debby.

Debby mengajak pada momen Hari Jadi Kota Toboali ke 315 tahun, harus dimaknai sebagai momentum untuk refleksi terhadap pembangunan yang telah dilaksanakan, guna memperbaiki kekurangan-kekurangan dan melanjutkan bahkan meningkatkan hal-hal yang baik, agar Kota Toboali kedepannya mengalami kemajuan yang berkelanjutan.

“Begitu panjang perjuangan kita dalam menetapkan Hari Jadi Kota Toboali, kita bersyukur, hari ini (Rabu) dengan pertolongan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, dan dengan berbagai upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan, serta dukungan masyarakat, hari ini kita bisa bersama-sama memperingati Hari Jadi Kota Toboali ke 315 tahun,” ucap Debby, sapaan akrabnya tersebut.

Sementara itu, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Muhammad Sholeh mewakili Pj Gubernur Babel Suganda, menegaskan, bahwa Kota Toboali diusianya yang ke 315 tahun dibawah kepemimpinan Bupati Riza Herdavid dan Wakil Bupati Debby Vita Dewi telah mengalami banyak kemajuan yang dicapai.

“Kota Toboali diusianya yang ke 315 tahun dibawah kepemimpinan Bupati Riza Herdavid bersama Wakil Bupati Debby Vita Dewi, beserta segenap jajarannya dengan dukungan DPRD, Forkopimda dan seluruh lapisan masyarakat telah mengalami banyak kemajuan yang dicapai di berbagai bidang, meliputi peningkatan jumlah sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan dan fasilitas masyarakat,” jelas Sholeh.

Menurut Sholeh, secara umum penyelenggaraan pemerintahan, khususnya di Kabupaten Bangka Selatan telah terlaksana dengan baik.

“Saya yakin dengan seluruh dukungan komponen masyarakat dengan azas kebersamaan yang bersinergi, pembangunan akan terus berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Sholeh mengajak untuk merayakan Hari Jadi Kota Toboali dengan bangga dan semangat yang tinggi, untuk menjadikan Kota Toboali sebagai tempat yang lebih baik untuk semuanya.

“Perayaan hari jadi ini tidak hanya menjadi kesempatan bagi kita untuk merayakan masa lalu. Tetapi juga untuk merenung tentang masa depan kota kita. Mari kita rayakan Hari Jadi Kota Toboali yang ke 315 tahun dengan bangga dan semangat yang tinggi. Mari kita hadapi masa depan dengan keyakinan dan tekad yang kuat untuk menjadikan Kota Toboali sebagai tempat yang lebih baik untuk kita semuanya, dan bersama-sama kita bisa mewujudkan impian dan harapan kita untuk Kota Toboali yang maju, inklusif dan berkelanjutan,” tuturnya.

Rapat Paripurna peringatan Hari Jadi Kota Toboali ke 315 tahun, dihadiri seluruh pimpinan dan anggota DPRD, tokoh agama, masyarakat, pemuda dan Forkopimda dengan mengenakan pakaian adat melayu.

BACA JUGA BERITA TERKAIT : 

Selamat Ulang Tahun Kota Toboali Hane Hini Hame-Hame

Asal Usul Nama Toboali Hingga Lahirnya Perda Hari Jadi Kota Toboali

Riza-Debby Berikan Sejarah Terbentuknya Hari Jadi Kota Toboali