BeritaDesaNasional/Internasional

Komsos Prajurit TNI AD Bersama Masyarakat Dusun Jelemu

1
×

Komsos Prajurit TNI AD Bersama Masyarakat Dusun Jelemu

Sebarkan artikel ini
IMG 20240225 WA0026

KOMSOS (Komunikasi Sosial) antara prajurit TNI AD dengan masyarakat Dusun Jelemu, Desa Tepus, Kecamatan Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (25/2/2024).

Komsos ini tidaklah lain merupakan bagian penting dari metode pembinaan teritorial. Karena itu, Komsos bisa dilaksanakan dimana saja oleh seluruh prajurit TNI AD.

Karenanya itu, prajurit TNI AD yang tergabung dalam Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 menyempatkan waktu istirahat berbaur dengan masyarakat Dusun Jelemu, Desa Tepus. Ini tujuannya untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat sehingga tercipta kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Baca Juga : TMMD ke-119, Tim Kesehatan Yonif 147 KGJ Turun ke Dusun Jelemu Desa Tepus

Kopral Satu (Koptu) Dedi menjelaskan, bahwa waktu istirahatnya bersama rekan-rekannya yang lain berkumpul dengan masyarakat.

“Saat istirahat kami menyempatkan waktu untuk berkumpul dengan masyarakat. Ini kami lakukan agar terjalinnya hubungan yang akrab, lebih dekat dengan masyarakat agar terciptanya kemanunggalan TNI bersama rakyat,” kata Dedi.

Baca Juga : Keren Babinsa dan Bhabinkamtibmas Berikan Motivasi kepada Pelaku UMKM

Menurut Dedi, waktu istirahat merupakan waktu yang tepat untuk berbaur dengan masyarakat. Sebab, di waktu istirahatlah untuk mengobrol santai dan saling bertukar pikiran tentang kondisi ataupun keadaan dusun serta hal-hal lainnya.

“Sambil melaksanakan Komsos dengan masyarakat, kita juga memberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan serta tugas-tugas pokok TNI AD,” jelas Dedi.

Salah satu masyarakat Dusun Jelemu, Mbah mengakui atas keramahan anggota TNI di dusun setempat.

“Sikap ramah anggota TNI di dusun kami membuat masyarakat merasa dekat dengan TNI. Banyak hal yang kami bincang-bincangkan dengan anggota TNI, canda dan tawa kami lepas begitu saja tanpa ada sekat atau jarak antara kami dengan anggota TNI,” ujar Mbah.

Terpisah, Komandan Satgas (Dansatgas) TMMD ke-119 Letkol Inf Gani Rachman menegaskan, program dalam kegiatan TMMD tidak hanya difokuskan pada kegiatan fisik dan non fisik semata, melainkan bagaimana masyarakat dapat lebih mengenal dan lebih dekat lagi dengan TNI, termasuk lebih mengetahui tugas-tugas pokok TNI.

“Komsos atau berkomunikasi secara langsung dengan masyarakat sangatlah penting. Karena dengan berkomunikasi untuk menciptakan kedekatan atau kemanunggalan TNI dengan rakyat merupakan kegiatan yang harus kita laksanakan juga di program TMMD ke-119 ini,” tutur Letkol Gani.