EkbisNasional/InternasionalPemerintahan

Karena Ini PT Timah Tbk Raih 9 Penghargaan dari Kementerian ESDM

1
×

Karena Ini PT Timah Tbk Raih 9 Penghargaan dari Kementerian ESDM

Sebarkan artikel ini
651a5122cbc15

KOMITMEN PT Timah Tbk dalam mengimplementasikan Kaidah Pertambangan yang Baik ‘Good Mining Practices’ berbuah manis. Hal ini dibuktikan dengan meraih sembilan penghargaan dalam ajang penghargaan prestasi penerapan kaidah teknik pertambangan mineral dan batu bara yang baik, Good Mining Practice (GMP Award) Tahun 2023.

Penghargaan GMP Awards 2023 bagi PT Timah Tbk bagian dari Anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID ini, diberikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang diserahkan di Hotel Bidakara Jakarta, Jum’at (29/9/2023).

PT Timah Tbk meraih sembilan penghargaan katagori utama dan pratama dalam aspek konservasi minerba, keselamatan pertambangan, lingkungan hidup pertambangan dan standardisasi dan usaha jasa pertambangan.

Adapun rincian penghargaan yang diterima yakni untuk aspek konservasi minerba PT Timah Tbk meraih penghargaan predikat pratama yang diraih oleh Unit Produksi Laut Bangka PT Timah Tbk dan predikat utama yang diraih oleh Unit Produksi Darat Bangka (UPDB) dan Unit Produksi Belitung.

Dalam aspek keselamatan pertambangan PT Timah Tbk meraih predikat utama yang diperoleh oleh Unit Produksi Belitung.

Sedangkan untuk aspek keselamatan pertambangan PT Timah Tbk meraih predikat pratama yang diraih oleh Unit Produksi Darat Bangka (UPDB) dan predikat utama yang diraih oleh Unit Produksi Kundur (UPB) dan Unit Produksi Laut Bangka (UPLB).

Dalam aspek standardisasi dan usaha jasa pertambangan, Unit Produksi Darat Bangka dan Unit Produksi Laut Bangka meraih penghargaan predikat pratama.

Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Arifin Tasrif dalam sambutannya mengatakan, Good Mining Practices Award 2023 merupakan salah satu bentuk apresiasi pemerintah terhadap para perusahaan pertambangan pemegang KK, PKP2B, IUP serta perusahaan jasa pertambangan pemegang IUJP yang telah melakukan upaya untuk menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik.

Pengharagaan ini juga merupakan rangkaian kegiatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-78 yang jatuh pada 28 September 2023.

“Penghargaan ini merupakan apresiasi kepada perusahaan jasa pertambangan yang telah menerapkan kaidah penambangan yang baik. Sekaligus menjadi tolak ukur kinerja pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh Kementerian ESDM,” jelas Arifin.

Menurutnya, penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik dilaksanakan melalui pengelolaan teknis pertambangan, penerapan konservasi mineral dan batubara, pengelolaan keselamatan pertambangan, pengelolaan lingkungan hidup pertambangan, reklamasi pasca tambang, pemanfaatan teknologi, kemampuan rekayasa, rancang bangun, serta pengembangan dan penerapan teknologi pertambangan.

Arifin mengapresiasi kepada perusahaan yang telah meraih penghargaan tersebut. Untuk itu, diharapkannya dapat menjadi role model bagi perusahaan lainnya untuk bisa mengimplementasikan kaidah penambangan yang baik.

“Selamat kepada penerima penghargaan, semoga menjadi motivasi dan role model bagi seluruh pertambangan di Indonesia. Bagi yang belum harus meningkatkan komitmen untuk menerapkan kaidah penambangan yang baik sehingga sektor pertambangan bisa memberikan kontribusi untuk memberikan manfaar bagi bangsa dan negara,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk Abdullah Umar menjelaskan, penghargaan yang di dapat merupakan bukti nyata bahwa perusahaan berkomitmen menerapkan kaidah Good Mining Practice.

“Implementasi Good Mining Practices merupakan komitmen perusahaan dalam melaksanakan proses bisnis. Hal ini tentunya menjadi motivasi bagi perusahaan untuk lebih baik lagi dalam mengimplementasikan kaidah penambangan yang baik,” kata Abdullah.

Sebagai perusahaan negara yang bergerak dalam bidang pertambangan timah, implmentasi kaidah penambangan yang baik merupakan salah satu kunci dari keberhasilan perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya.