Pemilu 2024Berita

Jika Terpilih Sebagai Gubernur Babel, Hidayat Arsani Siap Bayar Tunggakan Iuran BPJS Kesehatan Masyarakat

0
×

Jika Terpilih Sebagai Gubernur Babel, Hidayat Arsani Siap Bayar Tunggakan Iuran BPJS Kesehatan Masyarakat

Sebarkan artikel ini
IMG 20240510 WA0028

PANGLIMA Bangka Belitung, Hidayat Arsani menyatakan kesiapannya untuk membayar tunggakan iuran BPJS Kesehatan masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dengan cara ditanggung oleh APBD Babel.

Selain itu, Dayat, begitu sapaan akrabnya tersebut menegaskan jika ia mendapat amanah sebagai Gubernur Babel 2024-2029 akan memprogramkan bagi masyarakat kurang mampu pasca dirawat di rumah sakit untuk beberapa hari sampai pulih mendapat insentif dari pemerintah.

Hal ini diungkapkan panglima disela-sela mendaftar sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Babel ke DPW PKS Babel, Bukit Lama, Kota Pangkalpinang, Jumat siang (10/5/2024).

“Saya ingin menjadi gubernur (Babel), salah satunya saya ingin membayar utang (tunggakan) iuran BPJS Kesehatan mungkin sekitar 400.000 an masyarakat yang tertunggak. Kalau saya jadi gubernur, saya akan bayar iuran BPJS yang nilainya sudah Rp 180 miliar bahkan mungkin sudah lebih,” kata panglima.

Panglima menjelaskan, masyarakat yang kurang mampu perlu dibantu pasca mereka sakit dan dirawat di rumah sakit.

“Pemerintah harus hadir, contohnya dia buruh harian, punya anak tiga, pulang dari rumah sakit belum bisa bekerja. Bagaimana dia mau menafkahi keluarganya. Karena itu, pemerintah harus hadir dengan memberikan insentif, termasuk untuk ibu melahirkan. Empat puluh hari pasca melahirkan ada insentif berupa makanan tambahan dan lainnya,” ujar panglima.

Kalau masyarakat sehat, lanjutnya, soal ekonomi, pertambangan dan perkebunan juga tidak sulit dibenahi.

“Yang penting masyarakat sehat dulu. Iya kalau sakitnya cuma flu, tapi kalau misalnya lever, ginjal bahkan mungkin jantung, ini berat bagi masyarakat,” jelasnya.

Selain soal kesehatan, Dayat juga mengatakan soal program lainnya bagi kemajuan Bangka Belitung.

“Penting juga agar masyarakat bisa menambang dengan aman. Harus berkolaborasi dengan pihak terkait. Kita urus WPR (Wilayah Pertambangan Rakyat), kita bereskan tata ruang, pariwisata kita benahi. Lada sekarang jatuh, kita benahi, juga soal perikanan dan pendidikan,” tutur Dayat.

Kedatangan panglima dan rombongan ke Kantor Sekretariat DPW PKS Babel disambut hangat Ketua dan Sekretaris DPW PKS Babel, Aksan Visyawan dan Rio Setady, Dody Kusdian beserta jajaran PKS.

“Saya seperti pulang ke rumah sendiri, kami pernah bekerja sama waktu sebelumnya saya maju di Pilgub Babel, jadi kami ini sudah saling memahami,” ucap panglima.

Sementara itu, Ketua DPW PKS Babel Aksan Visyawan mengaku senang Hidayat Arsani mendaftar ke PKS. Aksan berjanji akan segera memproses pendaftaran tersebut ke DPP PKS di Jakarta.

“Panglima (Hidayat) bukan orang baru di politik. Kita semua tahu kiprah beliau selama ini untuk membangun Babel, kita dukung,” tegas Aksan.