BeritaNasional/InternasionalPemerintahanPemilu 2024

Jelang Pemilukada 2024, Wapres Minta Semua Pihak Jaga Nilai Demokrasi

1
×

Jelang Pemilukada 2024, Wapres Minta Semua Pihak Jaga Nilai Demokrasi

Sebarkan artikel ini
Jelang Pilkada 2024

USAI gelaran pemilihan presiden dan legislatif pada 14 Februari 2024, masyarakat Indonesia akan bersiap menghadapi Pemilukada yang dijadwalkan pada November mendatang. Termasuk Pemilukada Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Berkenaan dengan hal tersebut, Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta seluruh pihak terkait, termasuk penyelenggara, petugas keamanan dan masyarakat untuk mewujudkan Pilkada (Pemilukada_red) yang demokratis.

“Saya kira supaya Pilkada dilaksanakan dengan baik, dengan demokratis, dengan jurdil (jujur dan adil). Semuanya berjalan dengan baik sesuai dengan aturan-aturan yang ada,” imbau Wapres usai menghadiri Business Forum with Halal Industry, di Hotel Cordis, Auckland, Selandia Baru, Jumat (1/3).

Baca Juga : Pemilukada Basel 27 November 2024, KPU dan Bawaslu Terima Dana Hibah, KPU Rp 24,8 Miliar-Bawaslu Rp 6,3 Miliar

Menurut Wapres, apabila Pilkada dijalankan sebagaimana aturan yang ada dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, diharapkan prosesnya akan berjalan sesuai dengan harapan.

“Kalau itu (Pilkada jurdil) terjadi, saya kira akan aman, mudah-mudahan. Kita sudah berkali-kali (menghadapi) Pileg, Pilpres, Pilgub, Pilbup, itu sebenarnya sudah beberapa kali,” harapnya.

Baca Juga : PDI Perjuangan Kuasai 6 Kursi DPRD Bangka Selatan, Erwin : Riza-Debby Kembali Diusungkan untuk Bertarung di Pilkada 2024

Oleh karena itu, dengan pengalaman penyelenggaraan Pemilu yang sudah dilalui Indonesia selama ini, Wapres berharap semua pihak dapat berperan aktif dalam menjaga situasi aman pesta demokrasi tersebut.

“Karena itu, situasi kondusif yang pernah kita lakukan dan baik, itu harus kita jaga. Jangan kemudian diwarnai dengan hal –hal yang tidak baik,” pungkasnya.

Mendampingi Wapres dalam keterangan pers kali ini, Dubes RI untuk Selandia Baru Fientje Maritje Suebu dan Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi.

Sumber : Kominfo