Pemilu 2024Berita

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Bentuk Gugus Tugas Pengawasan Pemberitaan dan Iklan

0
×

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Bentuk Gugus Tugas Pengawasan Pemberitaan dan Iklan

Sebarkan artikel ini

BADAN Pengawas Pemilihan Umum bersama Komisi Pemilihan Umum, Komisi Penyiaran Indonesia dan Dewan Pers membentuk Gugus Tugas pengawasan dan pemantau pemberitaan, penyiaran dan iklan kampanye dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Pembentukan Gugus Tugas ditandai dengan penandatanganan Keputusan Bersama saat Puncak Hari Pers Nasional di Medan, Kamis (9/2/2023).

Baca Juga: Forum Cyber Media Basel Berbagi Ilmu Dengan Pengawas Pemilu

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja berharap penandatanganan keputusan bersama Gugus Tugas dapat menurunkan tensi dan ketegangan pada Pemilu 2024 mendatang.

“Penandatanganan Keputusan Bersama oleh gugus tugas tadi diharapkan dapat menurunkan penyebaran berita hoaks, black campaign, fitnah, dan isu SARA pada Pemilu 2024 mendatang,” ujarnya.

Baca Juga: Bawaslu Imbau Peserta Pemilu Kampanye Sesuai Jadwal

Dia juga berharap dengan adanya Gugus Tugas tersebut dapat bersama-sama melakukan pengawasan, pemantauan pemberitaaan, penyiaran dan iklan baik saat sosialisasi atau saat tahapan kampanye melalui lembaga penyiaran, perusahaan pers, dan pers nasional.

“Misalnya ada penyebaran berita fitnah, berita hoaks, dan lain sebagainya. Maka, ada unsur kerjasama yang bisa dilakukan Dewan Pers, KPU, Bawaslu dan KPI, hal ini bisa mempercepat proses-proses yang berkaitan dengan pencegahan dan penegakan hukumnya,” tuturnya.

Baca Juga: Presiden Tekankan Lima Hal Terkait Pemilu Serentak 2024

“Pengawasan dan pemantauan pemberitaaan, penyiaran, dan iklan oleh Gugus Tugas terutama yang berada di bawah naungan KPI dan Dewan Pers,” lanjutnya.

Sebagai informasi, penandatanganan Keputusan Bersama tersebut dilakukan oleh Ketua Bawaslu Rahmat Bagja, Ketua KPU Hasyim Asyari, Ketua KPI Agung Suprio, dan Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu.

Sumber:bawaslu