BeritaEkbisNasional/InternasionalPT Timah Tbk

Jadi Mitra Binaan PT Timah, Levaria Sukses Kembangkan Produk Pewarna Makanan

1
×

Jadi Mitra Binaan PT Timah, Levaria Sukses Kembangkan Produk Pewarna Makanan

Sebarkan artikel ini
IMG 0371

SEMPAT mengalami keterpurukan akibat pandemi Covid 19, Levaria (37) yang merupakan owner dari produk pewarna makanan ‘Ju & Je’ ini akhirnya mantap menjalani bisnis yang ditekuninya.

Sebelumnya, Levaria merupakan pedagang pakaian di salah satu pusat perbelanjaan yang ada di Jakarta. Namun, saat pandemi Covid-19 melanda usahanya terpaksa gulung tikar. Sehingga, ia memantapkan diri untuk pulang ke kampung halamannya di Dusun Pala, Desa Teluk Limau, Kecamatan Parit Tiga, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

BACA JUGA : Hidayat Arsani Gagas Penyelamatan PT Timah Tbk

Setelah kembali ke kampung halamannya, Levaria mendapatkan ide untuk membuka usaha produk pewarna makanan dari daun pandan. Hal ini karena terinspirasi dari pengalaman orang tuanya, yang merupakan seorang pedagang cendol keliling.

Levaria pun akhirnya mencoba peruntungan menjalankan bisnis untuk membuat produk pewarna makanan dari daun pandan asli.

“Dulu orang tua saya sering jualan cendol ke kampung-kampung, dan pewarna yang digunakan asli dari daun pandan. Dari situ mulailah berpikir untuk membuat pewarna dari makanan kecil-kecilan, Puji Tuhan ada yang beli,” kata Levaria.

Meski sebelumnya, kata Levaria, tak banyak yang mengetahui produknya itu. Namun, ia tetap tak patah semangat untuk mengenalkan produknya. Upaya promosi dilakukan secara masif mulai dari memberikan tester ke pelanggan.

Perlahan tapi pasti, usaha yang sudah ditekuninya dalam tiga tahun terakhir mulai menampakkan hasil. Hal itu terlihat dengan meningkat produksi dan omsetnya.

“Awal-awalnya kita cuma produksi beberapa kilo, berangsur-angsur naik jadi 50 kilogram bahan baku. Kalau sekarang produksinya sudah dua kali lipat. Paling ramai itu saat memasuki bulan puasa, kita pernah memproduksi sebanyak 300 kilogram,” jelasnya.

BACA JUGA : Selamatkan Aset Negara Bidang Agraria, PT Timah Tbk Teken Kerja Sama dengan Badan Bank Tanah dan BPN Babel

Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, maka produknya pun memiliki sertifikasi halal dari MUI dan BPOM. Hal ini juga berdampak pada peningkatkan omset sekitar 20-30 persen.

“Omsetnya sekitar Rp 38 juta perbulannya, kalau bersihnya itu dapatlah diangka belasan juta rupiah,” ujar Levaria.

Menurut Levaria, usahanya tersebut dapat berkembang pesat berkat adanya bantuan modal dari PT Timah Tbk. Sejak menjadi mitra binaan PT Timah Tbk dua tahun ini, bisa membangun rumah produksi sesuai dengan standar dari BPOM.

Produk pewarna makanan yang dihasilkannya juga berkualitas dan tahan berbulan-bulan jika disimpan dengan baik.

“Selain itu, saya juga bisa menambah alat produksi dan juga bisa menambah modal produksi, dan banyak lagi keuntungan-keuntungan lain yang saya dapatkan setelah menjadi mitra binaan PT Timah,” ucapnya.

BACA JUGA : Mengapa Tanggal 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan?

Untuk tenaga kerja, lanjutnya, dengan memberdayakan masyarakat sekitar agar bisa membantu perekonomian masyarakat.

“Saat ini saya bisa mempekerjakan empat hingga lima orang dalam proses produksi ini,” ujarnya.

Produk pewarna makana ‘Ju & Je’ milik Levaria ini tidak hanya dipasarkan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, namun juga sudah dipasarkan ke Jakarta.

“Pelanggan kami di pasar lokal ini mayoritas pedagang kue seperti pedagang martabak dan pedagang kue keliling. Sementara kalau pelanggan dari luarnya itu banyak yang dari Jakarta. Dalam satu bulan itu bisa terjual 300 hingga 400 botol yang ukuran 250 ml,” tuturnya.