BeritaEkbisNasional/InternasionalPariwisata/HiburanPemerintahan

Ini Buktinya Pemuda Karang Taruna Bangka Selatan Peduli UKM

1
×

Ini Buktinya Pemuda Karang Taruna Bangka Selatan Peduli UKM

Sebarkan artikel ini
IMG 20230927 WA0035

KEPEDULIAN pemuda Karang Taruna (Kartaru) dalam membantu meningkatkan pendapatan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) patut diapresiasi. Buktinya, pemuda Kartaru menyediakan lapak atau tenda khusus untuk para pelaku UKM secara gratis di pelataran Balai Wisata kawasan Simpang Lima Toboali ‘Himpang 5 Habang’.

Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah Bangka Selatan, Hefi Nuranda mengakui, bahwa kegiatan bazar UKM yang diinisiasi oleh pemuda Kartaru dapat mendongkrak perekonomian masyarakat, terutama para pelaku UKM. Dan ini harus diapresiasi atas kepedulian pemuda Kartaru terhadap pelaku UKM.

“Selain mendongkrak perekonomian pelaku UKM, juga membantu pelaku UKM dalam mempromosikan produk dagangannya. Ini sangat luar biasa,” kata Hefi usai membuka bazar UKM bersama Ketua TP PKK Elizia Riza Herdavid, Ketua DPRD Erwin Asmadi beserta perwakilan dari Kejari, Kodim dan Polres Basel, Selasa (26/9/2023) malam.

IMG 20230927 WA0034

Bazar UKM yang diselenggarakan pemuda Kartaru ini, dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Karang Taruna.

Menurut Hefi, kegiatan pemuda Kartaru, selain memberikan pesan dan nilai dakwah kepada masyarakat, juga memberikan nilai ekonomis kepada pelaku UKM.

“Keren kawan-kawan Karang Taruna mengemas kegiatan pada malam hari ini, luar biasa, yang paling jadi perhatian kami yaitu bazar UKM, secara hitung-hitungan kami ada 50 pelaku UKM yang di undang untuk mengisi lapak bazar . Itu yang sudah menetap, diluar dari itu lebih dari 50 mungkin ada sekitar 70 UKM. Kalau kita hitung secara ekonomi satu UKM omset mencapai 1 juta berarti kalau dikalikan 70 UKM berarti omset bisa menyampai 70 juta total keseluruhannya, dan ini sangat luar biasa,” jelas Hefi.

Diakui Hefi, bahwa pemuda Kartaru mampu menterjemahkan atas visi misi atau keinginan pimpinan ‘Bupati dan Wakil Bupati’ bagaimana para pelaku UKM itu bisa tumbuh dan bisa terbantu dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan.

“Kegiatan seperti ini kedepannya bisa rutin dilaksanakan, karena ini dapat membantu pelaku UKM. Untuk itu, selama 12 hari kedepan, mari kita ajak saudara-saudara kita, rekan-rekan kita baik itu yang dari luar daerah untuk datang ke Toboali sehingga perputaran ekonomi bisa berjalan,” ujar Hefi.

Sementara itu, Koordinator Bazar UKM Kartaru Basel, Abil Mulya Jihad menegaskan, kegiatan bazar UKM yang diselenggarakan Kartaru, dalam rangka gebyar menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW dan HUT ke-63 Kartaru.

“Alhamdulillah, para pelaku UKM di Toboali sangat antusias mengikuti bazar UKM ini. Hal ini dibuktikan dengan menyediakan 50 unit lapak secara gratis, dan kami juga mohon maaf masih banyak kawan-kawan UKM yang belum tertampung,” kata Abil.

Abil menjelaskan, tujuan utama Kartaru menggelar bazar UKM tidaklah lain untuk membantu mendongkrak perekonomian pelaku UKM.

“Tujuan utama kami bikin acara ini, ingin menunjukkan bahwa Bangka Selatan bisa, dengan demikian semangat para pelaku UKM semakin tumbuh serta bisa membangkitkan perekonomian Bangka Selatan,” tegas Abil.

Abil berharap, organisasi pemuda Kartaru yang dikomandoi Arie Pratama bersama stakeholder terkait di Bangka Selatan dapat saling sinergi dan harmonis dalam hal kegiatan apapun.

“Sinergitas dan harmonisasi kunci utama dalam membangun daerah. Mengingat daerah ini (Bangka Selatan_red) adalah rumah kita bersama,” ujar Abil.

Terpisah, salah satu pelaku UKM, Daya mengucapkan terima kasih kepada pemuda Kartaru yang telah memfasilitasi para pelaku UKM. Karena itu, Daya berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan agar para pelaku UKM dapat lebih sejahtera lagi.

“Alhamdulillah, dengan adanya kegiatan seperti ini, pendapatan kami lebih meningkat dibanding hari biasa, dan saya mewakili teman-teman UKM mengucapkan terima kasih kepada pemuda Karang Taruna yang sudah menggelar kegiatan seperti ini. Semoga ke depan dapat terus dilaksanakan karena kegiatan seperti ini sangat membantu,” tuturnya.