DesaHukumNasional/InternasionalPemerintahan

Ini Bentuk Kolaborasi Pemkab Basel dan Kanwilkumham Babel

1
×

Ini Bentuk Kolaborasi Pemkab Basel dan Kanwilkumham Babel

Sebarkan artikel ini
IMG 20230722 WA0016

PEMERINTAH Kabupaten Bangka Selatan terus berupaya melakukan kolaborasi dengan berbagai lintas sektoral, guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat Negeri Junjung Besaoh atau yang lebih dikenal saat ini adalah Negeri Beribu Pesona.

Hal ini ditegaskan Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid terkait pelayanan jemput bola yang berkolaborasi dengan Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Sasaran kami adalah bagaimana pelayanan masyarakat semakin mudah, cepat dan efisien. Oleh karena itu, pola pelayanan jemput bola akan terus kami galakkan,” kata Riza, Jum’at (21/7/2023).

Baca Juga : Bakti Seluruh Insan Adhyaksa Dibutuhkan Rakyat Indonesia

Diketahui, pelayanan jemput bola yang berkolaborasi dengan Kanwil Hukum dan HAM Babel itu berupa pembuatan paspor bagi masyarakat.

Baca Juga : Keren Pemkab Basel Bersama Kantor Imigrasi Buka Layanan Pembuatan Paspor

Senada diutarakan Sekretaris Daerah Basel Eddy Supriadi. Pastinya, kata Eddy, Pemkab Bangka Selatan akan mendukung secara optimal pelayanan jemput bola yang bekerja sama dengan Kanwil Hukum dan HAM Babel.

IMG 20230722 WA0083

“Dukungan itu kita awali dengan rapat pembahasan bersama Divisi Keimigrasian untuk menyepakati akan menerapkan layanan immigration corner (pelayanan pembuatan paspor sekaligus melayani masyarakat yang membutuhkan informasi apapun terkait keimigrasian),” ujar Eddy.

Dijelaskan Eddy, dengan dibukanya layanan tersebut maka biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat untuk memperoleh pelayanan keimigrasian ‘paspor’ semakin lebih efisien.

“Layanan ini kita buka untuk mempermudah masyarakat dalam hal kepengurusan paspor,” kata Eddy menambahkan dalam waktu dekat kembali dibuka pelayanan untuk pembuatan paspor di Kecamatan Toboali.

Screenshot 20230721 174402 WhatsApp

Sementara, Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Hukum dan HAM Babel, Doni Alfisyharin mengapresiasi Pemkab Basel untuk komitmen dan dukungan dalam menyukseskan optimalisasi layanan keimigrasian.

Karena itu, lanjut Doni, alasan mereka memilih Kabupaten Bangka Selatan sebagai pilot project (percontohan) atas rencana penerapan immigration corner di Bangka Belitung.

“Secara teknis, nanti kami berkolaborasi dengan Pemkab Bangka Selatan untuk mensosialisasikan program ini kepada para camat dan perwakilan kepala desa. Kami akan melatih aparatur di kecamatan dan desa terpilih untuk melayani kebutuhan masyarakat terkait pelayanan keimigrasian,” tutur Doni.

Rapat bersama ini dilaksanakan di ruang pertemuan Bappelitbangda Basel, dihadiri Plt Kepala Diskominfo Yuri Siswanto dan Kepala Bappelitbangda Herman.