Berita

Ingat Selama 14 Hari Satlantas Polres Basel Gelar Operasi Keselamatan, Ini Sasarannya

1
×

Ingat Selama 14 Hari Satlantas Polres Basel Gelar Operasi Keselamatan, Ini Sasarannya

Sebarkan artikel ini
IMG 20240303 WA0057

SELAMA 14 hari ke depan, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Bangka Selatan menggelar serangkaian operasi keselamatan menumbing 2024 di wilayah hukum Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Operasi keselamatan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia sedari tanggal 4-17 Maret 2024 atau selama 14 hari.

Karena itu, sebelum dimulainya operasi personel Satlantas Polres Basel memasang spanduk imbuan atau sosialisasi di sejumlah titik lokasi serta di akun media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter.

IMG 20240303 WA00551

Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) Polres Bangka Selatan, Iptu Edi Yusuf menjelaskan spanduk imbauan tersebut dipasang di sejumlah titik lokasi seperti di Simpang Lima, Simpang Tugu Nanas Toboali serta di depan Mako Polres Basel, termasuk di akun media sosial.

“Operasi ini ditujukan kepada pengguna jalan, pengendara mobil, motor, sepeda dan pejalan kaki,” kata Edi, Minggu (3/3).

Edi menambahkan, terdapat 12 sasaran prioritas dalam operasi keselamatan tersebut. Meliputi melawan arus, menerobos lampu merah, anak dibawah umur yang menggunakan kendaraan, berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm dan berkendara dibawah pengaruh alkohol.

Selain itu, kendaraan tidak sesuai standar serta komponen yang tidak lengkap (spion, knalpot brong, lampu utama, rem, lampu petunjuk), mengemudi sambil menggunakan ponsel atau handphone, menggunakan kendaraan tidak sesuai dengan peruntukannya, over load dan over dimensi, tanpa TNKB atau menggunakan TNKB palsu dan melebihi batas kecepatan.

“Harapan kami dengan adanya operasi ini, masyarakat dapat lebih meningkatkan bahwa pentingnya menjaga keselamatan diri pribadi dan orang lain sesama pengguna jalan, serta dibutuhkan kesadaran dari seluruh masyarakat dengan mematuhi peraturan berlalu lintas dan mari jadikan keselamatan berlalu lintas nomor satu,” imbuh Edi.