PangkalpinangBerita

Idulfitri 1445 Hijriah, Pemkot Pangkalpinang Gelar Salat Idulfitri Berjamaah di Masjid Agung Kubah Timah

0
×

Idulfitri 1445 Hijriah, Pemkot Pangkalpinang Gelar Salat Idulfitri Berjamaah di Masjid Agung Kubah Timah

Sebarkan artikel ini
IMG 20240411 WA0050

UNTUK pertama kalinya Pemerintah Kota Pangkalpinang melaksanakan Salat Idulfitri berjamaah di Masjid Agung Kubah Timah, Rabu (10/4/2024) pagi.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan melalui Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Mie Go mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, khususnya di wilayah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Karena telah selesai melaksanakan kewajiban ibadah puasa wajib di bulan ramadan, yang merupakan bukti ketaatan kepada perintah al-Khaliq, juga sebagai bukti dari pengakuan seorang mukmin, muslim dan muhsinin yang senantiasa berusaha mencapai derajat mutttaqin,” kata Mie Go.

Mie Go mengajak umat muslim untuk menjadikan Idulfitri tahun ini sebagai momentum untuk senantiasa membersihkan hati dan pikiran, sekaligus bertekad kuat untuk menjadikan pribadi yang sholeh dan sholeha, serta mulia dihadapan Allah SWT.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Pangkalpinang beserta segenap keluarga, menyampaikan selamat Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1445 Hijriah. Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Taqabbal Ya Karim,” ucap Mie Go.

Mie Go menambahkan, tahun ini pelaksanaan Salat Idulfitri terasa berbeda dibandingkan dengan tahun sebelumnya, di mana pelaksanaannya di Masjid Agung Kubah Timah Kota Pangkalpinang.

“Oleh karena itu, hari ini merupakan momentum yang istimewa karena baru pertama kalinya Masjid Agung Kubah Timah digunakan untuk Salat Idulfitri. Melihat antusias masyarakat yang begitu besar dan adanya kekhawatiran membludaknya jamaah, maka dengan berbagai pertimbangan akhirnya Salat Idulfitri tahun ini memakai seluruh area masjid baik di dalam maupun halaman masjid,” jelas Mie Go.

Keberadaan Masjid Agung Kubah Timah Kota Pangkalpinang dan sekitarnya, lanjut Mie Go, diharapkan sebagai mercusuar pusat kegiatan keagamaan, sebagai sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, tempat pemberdayaan umat dan sebagai pelopor dakwah yang menyejukkan, sehingga melalui tempat ini pula terbangun toleransi dan perdamaian.

“Selanjutnya, saya atas nama Pemerintah Kota Pangkalpinang secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mampu menciptakan suasana aman dan nyaman, sehingga pelaksanaan ibadah di bulan ramadan tahun ini di Kota Pagkalpinang dijalani oleh kaum muslimin dengan penuh hikmat dan kekhusyukan,” ujar Mie Go.

Salat Idulfitri berjamaah di Masjid Agung Kubah Timah ini, dihadiri oleh Pj Wali Kota Pangkalpinang beserta Forkopimda, Kepala OPD, Wali Kota Pangkalpinang periode 2018-2023, tokoh agama, masyarakat dan pemuda.