ArtikelNasional/InternasionalPemerintahan

Haris Setiawan Rangkap Dua Jabatan di Bangka Selatan

1
×

Haris Setiawan Rangkap Dua Jabatan di Bangka Selatan

Sebarkan artikel ini
Screenshot 20240221 220224 Samsung Notes

PASCA Pemilu 2024, Riza-Debby merombak puluhan kabinet kerjanya mulai dari jabatan eselon II, III hingga eselon IV di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (21/2) sore.

Berdasarkan lampiran data yang diterima tim redaksi babelhebat.com, terdapat 70 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai golongan atau jabatan dilantik dan diambil sumpah atas jabatannya oleh Bupati Basel Riza Herdavid.

Dari 70 ASN yang dilantik itu di antaranya untuk posisi jabatan Sekretaris Daerah dengan status sebagai Penjabat (Pj) Sekda Haris Setiawan, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (definitif) dr Agus Pranawa dan Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (definitif) Anshori.

Dengan dilantiknya Haris Setiawan sebagai Pj Sekda, sehingga otomatis merangkap jabatan. Mengingat jabatan definitifnya itu sebagai Asisten Pemerintahan di Sekretariat Daerah. Bahkan sebelumnya Haris Setiawan juga tercatat pernah menjabat sebagai Pj Sekda Basel. Artinya, sudah dua kali Haris Setiawan menjabat Pj Sekda di masa kepemimpinan Riza-Debby.

Sebelumnya posisi jabatan Sekda Basel dijabat oleh Edy Supriadi (definitif). Lalu seiring waktu berjalan terjadi perombakan kabinet sehingga posisi jabatan Sekda dijabat oleh Pelaksana harian (Plh) Hefi Nuranda.

Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid menjelaskan, mutasi dan rotasi ASN sudah hal yang biasa dalam organisasi pemerintahan.

“Pelantikan ini harus disyukuri dan dijadikan motivasi untuk berkiprah dan mengabdikan diri selaku Aparatur Sipil Negara,” kata Riza, kepada wartawan di Gedung Serba Guna Parit Tiga Toboali.

Riza, begitu sapaan akrabnya tersebut mengingatkan jabatan adalah amanah dan bentuk kepercayaan pimpinan yang harus dijaga dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Para pejabat harus mampu membaca visi misi yang dikedepankan oleh pimpinan, dan harus memiliki kecakapan untuk merealisasikannya sehingga harus dituntut menguasai hal-hal bersifat teknis,” ujar Riza.

Riza berharap, kepada pejabat yang dilantiknya untuk menjadikan pelantikan sebagai momentum dalam memulai pelaksanaan tugas yang baru dan bekerja secara maksimal.

“Harus diingat, jabatan ini akan dievaluasi secara berkala guna melihat sejauh mana kinerja para pejabat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya,” tutur Riza.