BeritaNasional/InternasionalPemerintahan

Forkopimda Bangka Selatan Kunjungi 4 TPS di Toboali, Terdata 40 TPS Rawan dan 4 TPS Sangat Rawan

1
×

Forkopimda Bangka Selatan Kunjungi 4 TPS di Toboali, Terdata 40 TPS Rawan dan 4 TPS Sangat Rawan

Sebarkan artikel ini
IMG 20240214 WA0160

FORUM Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengunjungi sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Kota Toboali, Rabu (14/2/2024).

Kunjungan Forkopimda Basel ke sejumlah TPS ini dipimpin oleh Kapolres Basel AKBP Trihanto Nugroho dan Ketua KPU Basel Muhidin.

Adapun TPS yang dikunjungi para  Forkopimda di antaranya TPS 1 Gedung Nasional, TPS 2 pelataran Gereja Stella Moris, TPS 12 Jalan Teladan AMD dan TPS 15 samping Kantor Sekretariat Bawaslu.

“Tujuan kita mengunjungi TPS untuk melihat secara langsung jalannya proses pemungutan suara, personel pengamanan di TPS serta untuk mengetahui ada tidaknya permasalahan di TPS sehingga apabila ada permasalahan dapat segera dicarikan jalan keluarnya atau solusi, karena itu Ketua KPU juga ikut dalam kunjungan ke TPS ini,” kata AKBP Trihanto.

Trihanto mengingatkan kepada para personel pengamanan TPS agar selalu berkoordinasi dengan petugas TPS apabila ada kendala pada saat proses pemilihan dan lain sebagainya.

“Apabila ada hambatan hal yang bersifat teknis, maka segera lakukan koordinasi dengan petugas TPS atau KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara),” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, khusus kepada para personelnya untuk menjaga kesehatan dan keselamatan dalam melaksanakan tugas pengamanan Pemilu 2024, dengan sandi Operasi Mantap Brata Menumbing.

“Selama proses pengamanan di TPS, kita (Polres Basel) menerjunkan 254 personel terdiri dari 204 personel gabungan Polres dan Polsek serta 60 personel BKO gabungan Brimob dan Samapta Polda Babel,” jelasnya.

Jumlah TPS di Bangka Selatan 555 TPS tersebar di 8 kecamatan, 50 desa dan 3 kelurahan.

“Berdasarkan pengklasifikasian tugas yang sudah dilakukan, setidaknya dalam 555 TPS yang diamankan dapat dibagi menjadi 3 kategori yaitu kurang rawan 511 TPS, rawan 40 TPS dan sangat rawan 4 TPS,” tegas AKBP Trihanto.