DesaNasional/InternasionalPariwisata/HiburanPemerintahan

Festival Nepak Belulang 2023 Dapat Dukungan dari PT Timah Tbk

1
×

Festival Nepak Belulang 2023 Dapat Dukungan dari PT Timah Tbk

Sebarkan artikel ini
WhatsApp Image 2023 09 26 at 08.23.28

PT TIMAH Tbk berperan aktif dalam mendukung pelestarian adat, budaya dan kesenian masyarakat di wilayah operasional perusahaan. Salah satunya dengan mendukung Festival Nepak Belulang 2023 di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Festival Nepak Belulang 2023 dilaksanakan di Pantai Nyiur Melambai, Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur pada 22-24 September 2023.

Melalui festival ini, PT Timah Tbk ikut berpartispasi dalam melestarikan kesenian masyarakat.

Sebelumnya, Anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID ini juga kerap mendukung kesenian daerah seperti kasidah, hadrah hingga perguruan silat di wilayah operasional PT Timah Tbk.

Pendamping Kebudayaan Desa Lalang, Wira Sudarma menjelaskan, Festival Nepak Belulang ini adalah pengembangan dan pemanfaatan dari potensi budaya hadrah Belitung dengan metode desiminasi yaitu untuk memperluas informasi kepada masyarakat umum.

Festival Nepak Belulang diinisiasi oleh Desa Budaya Lalang sejak tahun 2022. Berangkat dari kegiatan temu kenali potensi budaya desa yang mulai dilakukan sejak tahun 2021. Ini juga bagian dalam program pendampingan pemajuan kebudayaan desa dari kemendikbudristek. Dari kegiatan ini ditemukan lebih dari 10 potensi budaya.

“Dari sekian banyak potensi budaya itu kami memilih potensi budaya hadra Belitung, khususnya hadra ma’indi untuk bisa dikembangkan dan dimanfaatkan dengan metode diseminasi dalam bentuk festival yang dinamakan nepak belulang festival,” kata Wira Sudarma.

Menurut Wira, mereka mengangkat ini karena hadra di Desa Lalang sudah berkembang sejak puluhan tahun lalu. Hal tersebut ditandai dengan satu set gendang hadra yang diperkirakan berusia 1,5 abad dan sanggar hadra An-nur Desa Lalang sudah berada pada generasi terakhir.

Wira menambahkan, dalam Festival Nepak Belulang 2023 acara utamanya adalah melestarikan tradisi ngaso pajangan dalam bentuk memainkan hadra secara kolosal.

Selain itu, juga ada penampilan dari sanggar Pinang Gading, sanggar Adela, senam sehat, lumbe ngayun dan pesta rakyat.

“Tujuan untuk pembentukan ekosistem kebudayaan guna mencapai kesejahteraan masyarakat melalui pemajuan kebudayaan,” ujarnya.

Wira mengapresiasi, perusahaan BUMN PT Timah Tbk turut mendukung kegiatan festival tersebut. Bantuan PT Timah Tbk sangat bermanfaat bagi mereka.

“Sangat membantu. Bantuan ini kami gunakan untuk memberikan apresiasi jasa kepada sanggar hadra sebagai penampil dan penyebarluasan informasi tentang hadra Belitung di Desa Lalang,” jelas Wira.

Wira berharap, PT Timah Tbk dapat terus mendukung event tersebut guna menyampaikan perluasan informasi tentang hadra Belitung.

“Event ini diharapkan akan diselenggarakan setiap tahunnya, dan PT Timah Tbk akan terus mendukung dalam penyelenggaraan di tahun-tahun berikutnya guna ikut andil dalam pemajuan kebudayaan,” tuturnya.