BeritaNasional/InternasionalPemerintahanPendidikanPT Timah Tbk

Dukung Dunia Pendidikan, PT Timah Tbk Serahkan 1.050 Eksemplar Buku Mapur ke Dinas Pendidikan Bangka Belitung

2
×

Dukung Dunia Pendidikan, PT Timah Tbk Serahkan 1.050 Eksemplar Buku Mapur ke Dinas Pendidikan Bangka Belitung

Sebarkan artikel ini
6554618bc49ca

UNTUK meningkatkan literasi di kalangan pelajar dan mendukung dunia pendidikan, PT Timah Tbk menyerahkan sebanyak 1.050 eksemplar buku berjudul ‘Mapur Mendulang Kisah Meraup Berkah’ ke Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bantuan seribu eksemplar buku ini diserahkan secara simbolis kepada Kepala Dinas Pendidikan Babel Ervawi dalam kegiatan seminar pendidikan Hari Guru Nasional 2023, di Kantor BPMP, Rabu (15/11/2023).

Buku-buku ini akan didistribusikan kembali ke perpustakaan sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK se-Bangka Belitung dan juga ke instansi pemerintahan dan lainnya.

WhatsApp Image 2023 11 15 at 13.00.49 1

Buku ‘Mapur Mendulang Kisah Meraup Berkah’ ini ditulis oleh Kurniati dan Derry Nodyanto yang bekerja sama dengan PT Timah Tbk, menceritakan tentang masyarakat adat Mapur dan Orang Lum yang ada di Dusun Air Abik, Desa Gunung Muda, Kabupaten Bangka.

Buku yang ditulis dalam tujuh bagian ini mengurai cerita dalam aksara tentang timah dan pemberdayaan. Mapur dalam data, Mapur sebagai budaya, unsur kebudayaan masyarakat Mapur, budaya dan seni tradisi Mapur sebagai potensi, pengembangan budaya sebagai upaya pelestarian adat masyarakat Mapur dan penutup.

BACA JUGA : Pelajar SMK dari Berbagai Daerah Indonesia Magang di PT Timah Tbk

Kepala Dinas Pendidikan Babel, Ervawi mengapresiasi komitmen PT Timah Tbk yang terus peduli dengan sektor pendidikan.

Buku yang diserahkan ini, kata Ervawi merupakan cerita tentang masyarakat adat Bangka yang memang harus dikenalkan sejak dini kepada para pelajar sehingga mereka mengetahui tentang masyarakat adat Mapur.

BACA JUGA : PT Timah Tbk dan Nelayan Tenggelamkan Puluhan Rumpon di Laut Rebo Sungailiat

“Buku ini akan didistribusikan ke sekolah SD, SMP, SMA dan SMK se-Bangka Belitung. Apalagi ini buku sejarah yang memang harus dikenalkan pada anak-anak sejak usia dini dan ini juga akan menambah koleksi perpustakaan sekolah. Buku ini hanya salah satu bentuk perhatian PT Timah Tbk untuk dunia pendidikan,” jelas Ervawi.

Ervawi menilai, dukungan Anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID kepada dunia pendidikan di Babel sangat luar biasa. PT Timah Tbk kerap membantu untuk menunjang sektor pendidikan.

Alhamdulilah, dukungan PT Timah Tbk luar biasa dalam sektor pendidikan, bukan hanya menyerahkan buku saja, tapi banyak yang lainnya ada yang kasih laptop, ada yang mendukung pembangunan infrastruktur pendidikan,” ujarnya.

Ervawi berharap sinergi ini dapat terus terjalin. Karena dengan mendukung sektor pendidikan, PT Timah Tbk juga berinvestasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Bangka Belitung.