BeritaNasional/InternasionalPemerintahan

Dua Bulan Terdata 47 Kasus DBD di Bangka Selatan

1
×

Dua Bulan Terdata 47 Kasus DBD di Bangka Selatan

Sebarkan artikel ini
IMG 20240205 WA0095

TERDATA sejak dua bulan terakhir terjadi peningkatan pada kasus penyakit Demam Berdarah Dengue atau DBD di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Hal tersebut diutarakan Bupati Basel Riza Herdavid saat turun ke pesisir Kampung Nelayan, Kelurahan Tanjung Ketapang, Toboali, dalam rangka melaksanakan pengasapan (Fogging) untuk membunuh nyamuk pembawa penyakit DBD, Senin (5/2/2024).

“Selama hampir dua bulan ini (Januari-Februari) terdata 47 kasus penyakit DBD, tentunya ini menjadi perhatian bagi Pemkab Bangka Selatan,” kata Riza, sapaan akrabnya tersebut.

Diakui Riza, pengasapan atau Fogging memang tidak terlalu efektif. Karena itu, peran serta masyarakat sangatlah diharapkan untuk menjaga lingkungan tempat tinggal agar tetap bersih dan asri. Misalnya, dengan melakukan 3 M plus yakni mengubur barang bekas, menguras tempat penampungan air dan mengubur barang bekas.

“Plusnya itu menghindari gigitan nyamuk, bila tidur sebaiknya menggunakan kelambu, menghidupkan obat nyamuk atau menggunakan lotion anti nyamuk,” ujar Riza.