BeritaNasional/InternasionalPangkalpinangPemerintahanPendidikan

Bupati Bangka Selatan Siap Memenangkan Ganjar-Mahfud Sebagai Presiden dan Wakil Presiden

1
×

Bupati Bangka Selatan Siap Memenangkan Ganjar-Mahfud Sebagai Presiden dan Wakil Presiden

Sebarkan artikel ini
VideoCapture 20231021 123801

BUPATI Bangka Selatan, Riza Herdavid siap bergerak bersama partai koalisi gabungan (Partai Persatuan Pembangunan, Partai Hati Nurani Rakyat dan Partai Persatuan Indonesia) untuk memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud MD sebagai presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024 mendatang.

Hal ini ditegaskan Riza usai dari pembukaan acara Festival Kemilau Pesona Bangka Selatan di pesisir Pantai Laut Nek Aji Toboali, Sabtu (21/10/2023).

Riza, begitu sapaan akrabnya tersebut mengakui, bahwa tugasnya sebagai Juru bicara (Jubir) sekaligus Juru kampanye (Jurkam) di daerah, khususnya di Kabupaten Bangka Selatan untuk memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud MD sebagaimana yang diinstruksikan oleh DPP PDI Perjuangan, merupakan tugas yang sangat berat.

“Sebetulnya sebagai Jubir dan Jurkam itu tugas berat. Namun saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari partai (DPP PDI Perjuangan_red) telah menunjuk 13 orang se-Indonesia, dan salah satunya itu saya dari Bangka Selatan,” ujar Riza.

Riza mengajak masyarakat untuk bersama-sama partai koalisi memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud MD sebagai presiden dan wakil presiden.

“Harapan kita bersama, minimal di Bangka Selatan dan Bangka Belitung pada umumnya pasangan Ganjar-Mahfud bisa menang total. Mohon dukungan juga kepada seluruh masyarakat untuk memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud MD,” tutur Riza.

Diberitakan sebelumnya, nama Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid masuk dalam daftar Juru bicara (Jubir) dan Juru kampanye (Jurkam) pasangan bakal calon presiden Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden Mahfud MD.

Hal itu berdasarkan surat instruksi yang dikeluarkan PDI Perjuangan, seperti yang dilansir babelhebat dari laman resmi pdiperjuangan.

PDI Perjuangan mengeluarkan surat instruksi kepada seluruh kepala daerah berusia muda agar menjadi juru bicara dan juru kampanye pasangan bakal calon presiden Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden Mahfud MD.

Baca Juga : Nama Bupati Bangka Selatan Masuk Dalam Daftar Juru Kampanye Ganjar-Mahfud

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto usai membuka Rakerda PDI Perjuangan di Palembang, Sumatera Selatan, Jum’at (20/10/2023).

“Belum lama ini seluruh kepala daerah PDI Perjuangan yang muda ditugaskan sebagai juru kampanye nasional, Mas Dhito Bupati Kediri 31 tahun, Jimmy Andrea Bupati Dairi 31 tahun, Bobby Nasution Wali Kota Medan 32 tahun, M Nur Arifin Bupati Trenggalek 33 tahun, Sutan Riska Tuanku Kerajaan Bupati Dharmasraya 34 tahun, Diah Ayuning Pratiwi Bupati Purbalingga 36 tahun, Gibran Rakabuming Raka Wali Kota Surakarta 37 tahun,” kata Hasto dalam keterangannya di Jakarta, Jum’at.

“Eisti’anah Bupati Demak 38 tahun, Ahmad Yani Bupati Gresik 38 tahun, Sula Fifian Adeningsi Mus Bupati Kepulauan Sula 39 tahun, Hengki Kurniawan Bupati Bandung Barat 40 tahun, Riza Herdavid Bupati Bangka Selatan 40 tahun, dan Ery Cahyadi Walikota Surabaya 46 tahun,” sambungnya.

Dari deretan nama kepala daerah yang disebutkan Hasto untuk menjadi juru kampanye Ganjar-Mahfud terdapat nama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Wali Kota Medan Bobby Nasution. Hal ini juga sekaligus menepis isu Gibran menjadi bakal cawapres Prabowo Subianto.

Menurut Hasto, pihaknya dan Gibran intens berkomunikasi termasuk soal penugasan menjadi juru bicara pasangan Ganjar-Mahfud.

“Seluruh kepala daerah yang muda ditugaskan menjadi jurkamnas, sekaligus jubir Ganjar-Mahfud di wilayah masing-masing,” tegas Hasto.

Ia mengatakan surat instruksi partai mengenai penugasan tersebut sudah disampaikan.

“Kami sudah mengeluarkan surat instruksi begitu Ganjar-Mahfud didaftarkan di KPU langsung semua tiga pilar partai bergerak,” jelasnya.

Pasangan Ganjar-Mahfud resmi mendaftarkan diri ke KPU RI pada hari pertama tahapan pendaftaran bakal capres dan cawapres, Kamis (19/10) siang. Ganjar-Mahfud menjadi bakal pasangan calon presiden/wakil presiden yang mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 pada hari pertama pendaftaran.

Pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan mulai 19 hingga 25 Oktober 2023.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.