BeritaDesaNasional/InternasionalPemerintahanPertanian/Perikanan

Bupati Bangka Selatan dan Petani Tanam Bibit Padi di Sawah Dunggun Raya Batu Betumpang

3
×

Bupati Bangka Selatan dan Petani Tanam Bibit Padi di Sawah Dunggun Raya Batu Betumpang

Sebarkan artikel ini
VideoCapture 20231119 063258

BUPATI BANGKA SELATAN, Riza Herdavid bersama kabinetnya dan masyarakat Desa Batu Betumpang, Kecamatan Pulau Besar melakukan penanaman bibit padi perdana di areal persawahan dunggun raya desa setempat, Sabtu (18/11/2023).

Selain itu, Bupati juga menyerahkan bantuan bibit padi dan racun rumput kepada kelompok tani serta pelepasan bibit ikan lele di kolam atau tambak peternak budidaya ikan air tawar.

Kegiatan ini, merupakan rangkaian peringatan Hari Pahlawan ke 78 tahun yang diawali dengan upacara dengan komandan upacara Babinsa Koramil 432-02/Payung Serka Irfan dan inspektur upacara Bupati Basel.

Alhamdulillah, berkat rahmatnya juga akhirnya kita semua dapat merasakan dan mengisi pembangunan di segala bidang. Berkat jasa-jasa pahlawan nasional terdahulu dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Riza, sapaan akrab Bupati Basel.

Riza mengajak seluruh komponen masyarakat di Kecamatan Pulau Besar dan stakeholder terkait lainnya, untuk mengisi berbagai hal dalam menyongsong pembangunan di daerah. Khususnya di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Sekilas peringatan Hari Pahlawan Nasional mengajak kita semua untuk melirik pada kisah suram dalam pertempuran Surabaya. Namun di era sekarang bukan pertempuran yang kita latih, melainkan ajakan untuk memetik nilai-nilai kepahlawanan,” ujarnya.

Dengan semangat pahlawan, lanjut Riza, petani di Desa Batu Betumpang merupakan pahlawan pangan berkelanjutan dalam menjaga stabilitas ketahanan pangan di daerah. Mengingat, Kabupaten Bangka Selatan merupakan central ketahanan pangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, saya mengucapkan terima kasih kepada para petani,” tutur Riza.

Sementara itu, Babinsa Koramil 432-02/Payung Serka Irfan menjelaskan, bahwa kegiatan upacara peringatan Hari Pahlawan ke 78 tahun dilaksanakan di areal persawahan, merupakan momen yang sangat tepat untuk melaksanakan program ketahanan pangan di daerah. Salah satunya adalah melakukan penanaman bibit padi perdana di sawah dunggun raya.

“Tujuan utamanya mengajak masyarakat untuk bersama-sama mendukung ketahanan pangan di daerah, khususnya di Kecamatan Pulau Besar dan Bangka Selatan pada umumnya untuk menjadi lumbung pangan nasional,” tegas Serka Irfan.

Kegiatan ini, dihadiri Camat Pulau Besar Suyono, Danramil 432-02/Payung Kapten Inf H.P. Aritonang, Kapolsek Payung Iptu Husni, Anggota DPRD Dapil IV,  para kepala desa dan perangkat desa sekecamatan Pulau Besar, tokoh agama, masyarakat dan petani.

BACA JUGA :

Pasca Posting Status di Media Sosial, Wali Murid SMP Negeri 5 Toboali Diminta untuk Klarifikasi, Samsul : Tidak ada Intimidasi

 Ini Komitmen Riza-Debby Bantu Nelayan dan Petani di Bangka Selatan

Petani di Bangka Selatan Nyambi Edarkan Sabu, Barang Bukti 23 Paket Sabu