Bangka SelatanBerita

Bupati Bangka Selatan Apresiasi Gerak Cepat Kabinetnya, Riza : Alhamdulillah

0
×

Bupati Bangka Selatan Apresiasi Gerak Cepat Kabinetnya, Riza : Alhamdulillah

Sebarkan artikel ini
IMG 20240428 WA0031

BUPATI Bangka Selatan, Riza Herdavid mengapresiasi gerak cepat sejumlah dinas terkait dalam menangani genangan air di daerah pemukiman penduduk seperti di Lingkungan Rawabangun Toboali, Minggu (28/4/2024) pagi hingga siang.

Alhamdulillah, upaya penanganan genangan air dari beberapa dinas sudah turun ke lokasi sejak awal naiknya genangan air. Saya mengapresiasi gerak cepat dinas terkait bersama personel BPBD, Polres dan Kodim turun langsung ke lapangan, membantu warga yang rumahnya terdampak genangan air,” kata Riza.

IMG 20240428 WA0074

Riza menjelaskan, gerak cepat yang dilakukan oleh tim dari dinas terkait bersama personel BPBD, Polres dan Kodim, yakni melakukan penanganan awal seperti penyediaan dapur umum, membantu mengevakuasi barang atau peralatan rumah warga yang terdampak genangan air, penyedotan genangan air dan pembersihan saluran bandar yang tersumbat.

BACA JUGA : Puluhan Rumah Warga di Air Lingga Toboali Digenangi Air, Wawan : Kami Minta Solusinya dari Pemerintah Daerah

Alhamdulillah, atas gerak cepat dinas terkait ketinggian air berangsur menurun dan situasi sudah berangsur normal,” ujar Riza, dengan slogannya ‘Asak Kawa Kite Pacak’ ini.

Riza menegaskan, bahwa Pemkab Bangka Selatan saat ini telah menyiagakan tim penanganan bencana, khususnya banjir dan genangan air.

“Tim juga standby (bersiap) memonitor beberapa titik pemukiman yang rawan banjir saat di musim penghujan. Saya apresiasi kesigapan tim dari Dinas Sosial,  Penanggulangan Bencana Pol PP, Dinas Lingkungan Hidup, kecamatan dan kelurahan yang sudah sigap hadir ditengah-tengah warga yang terdampak,” tutur Riza.

BACA JUGA : BPBD Bangka Belitung Pastikan Alutsista Mitigasi Bencana Siap Beroperasi

Diberitakan sebelumnya, pemukiman penduduk di Lingkungan Air Lingga, Kelurahan Teladan, Kabupaten Bangka Selatan, digenangi air dengan ketinggian hingga mencapai satu meter lebih, Minggu (28/4/2024).

Genangan air ini terjadi lantaran sejak dari pagi hingga siang Kota Toboali diguyur hujan deras. Akibatnya, sehingga sejumlah rumah warga yang berada di dataran rendah terutama di Lingkungan RT 02/RW 01 Air Lingga digenangi air.

Salah satu warga setempat, Ruriyandari menjelaskan bahwa ketinggian air mencapai satu meter lebih yang menggenangi rumahnya beserta puluhan rumah warga lainnya.

“Barang-barang atau peralatan rumah semuanya basah, ini kami minta solusinya dari Pemerintah Daerah seperti apa dan bagaimana,” kata Wawan.