PangkalpinangBeritaNasional/InternasionalPemerintahan

BPK RI Apresiasi Pemkot Pangkalpinang

7
×

BPK RI Apresiasi Pemkot Pangkalpinang

Sebarkan artikel ini
WhatsApp Image 2024 03 28 at 2.10.58 PM 750x430 1

PENJABAT (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2023 ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (28/3/2024).

Penyerahan LKPD ini dibuktikan dengan penandatangan berita acara serah terima antara Pj Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan dengan Kepala Kantor BPK RI Perwakilan Kepualuan Babel, Flora Anita Diassari.

Flora mengapresiasi atas upaya Pemerintah Kota Pangkalpinang yang telah menyampaikan LKPD meski telah memasuki hari akhir batas waktu penyerahan.

“Meski di akhir batas waktu, namun ini telah membuktikan bahwa pemerintah kota memiliki komitmen untuk meningkatkan pengelolaan keuangan yang lebih baik lagi,” kata Flora.

Sementara itu, Lusje menjelaskan penyerahan LKPD merupakan wujud pertanggungjawaban pemerintah atas penggunaan keuangan daerah dalam rangka pelaksanaan otonomi daerah dan penyelenggaraan operasional pemerintahan.

“Ini merupakan tolok ukur kinerja pemerintah untuk dipertanggungjawabkan pada setiap akhir tahun anggaran,” ujar Lusje didampingi Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Mie Go saat di Kantor BPK RI Perwalilan Provinsi Babel.

LKPD Kota Pangkalpinang terdiri dari laporan realiasasi anggaran, laporan perubahan SAL, neraca, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan.

Lusje menambahkan, tahapan penyusunan LKPD Kota Pangkalpinang tahun 2023 didukung oleh seluruh OPD dan dikoordinir perumusannya oleh Badan Keuangan Daerah. Bahkan LKPD telah selesai direview oleh Inspektorat Daerah sebelum disampaikan kepada BPK.

“Penyampaian laporan keuangan pemerintah daerah kepada BPK harus terlebih dahulu dilakukan review oleh Inspektorat dari pemda atas laporan-laporan keuangan dan kinerja dalam rangka meyakinkan keandalan informasi,” tegas Lusje.