Bangka SelatanBerita

Arus Mudik di Pelabuhan Sadai Bangka Selatan Masih Berjalan Normal

0
×

Arus Mudik di Pelabuhan Sadai Bangka Selatan Masih Berjalan Normal

Sebarkan artikel ini
IMG 20240404 WA0086

MEMASUKI H-8 lebaran hari raya Idulfitri 1445 Hijriah, arus mudik dari pelabuhan Sadai Bangka Selatan menuju Tanjung Pandan Belitung yang dilayani dua unit Kapal KMP Menumbing Raya dan KMP Gorari masih berjalan normal seperti hari biasa.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka Selatan, Muhammad Zamroni, Selasa (2/4/2024).

“Saat ini arus keluar masuk penumpang dan kendaraan dari pelabuhan Sadai menuju Belitung yang di kelola ASDP masih sesuai dengan jadwal dan masih berjalan normal,” kata Zamronie kepada wartawan.

Zamroni menjelaskan, kapasitas angkutan dua kapal tersebut sangat berbeda. Meski demikian, pihaknya juga telah menyampaikan kepada para penumpang untuk bisa menyesuaikan dengan jadwal yang telah ditentukan ASDP maupun Dishub Basel selaku operator pelabuhan Sadai.

“Berdasarkan pantauaan di lapangan masih normal, karena kita tahu kapasitas dua kapal ini berbeda. Namun kita juga telah menyampaikan kepada penumpang untuk bisa menyesuaikan jadwal yang telah kita tentukan,” ujarnya.

Meski trafik penumpang dan kendaraan masih berjalan normal, zamroni memastikan potensi lonjakan penumpang pada priode lebaran tahun ini diprediksi akan meningkat sebesar 5 persen dibanding lebaran Idulfitri tahun sebelumnya.

“Kalau prediksi dari pihak ASDP sendiri, kemungkinan akan ada peningkatan sedikit sekitar 5 persen dibanding dari tahun sebelumnya,” jelasnya.

Zamroni mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik untuk bisa menyesuaikan jadwal keberangkatan baik itu keberangkatan kapal laut, maupun armada bus yang telah ditentukan serta tetap menjaga keselamatan diri disetiap melakukan perjalanan.

“Kami berharap kepada pihak pengelola baik itu pengelola armada terminal Toboali, maupun pihak ASDP pengelola pelabuhan Sadai agar betul-betul memperhatikan keselamatan para penumpang, sehingga perjalanan mudik tahun ini dapat berjalan lancar, aman, sehat, dan selamat,” tuturnya.