DesaBangka SelatanBerita

Aik Bakung di Desa Irat, Riza-Debby Serahkan Sejumlah Bantuan

0
×

Aik Bakung di Desa Irat, Riza-Debby Serahkan Sejumlah Bantuan

Sebarkan artikel ini
b23a9a8de6c4f35bb0dd8ff472a244d1IMG 20240420 WA0155
CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v62), quality = 90?

BUPATI Bangka Selatan, Riza Herdavid bersama Wakilnya Debby Vita Dewi menyerahkan sejumlah bantuan untuk masyarakat Desa Irat, Kecamatan Payung.

Bantuan diserahkan secara simbolis pada saat kegiatan atau program Aik Bakung ‘Ajak Bupati Kita Sambang Kampung’, Jumat-Sabtu (19-20 April 2024), yakni bantuan berupa rehabilitasi tanaman lada, 1000 eksemplar buku, bantuan untuk para penggiat UMKM, bantuan sosial dan lainnya.

Riza, begitu sapaan akrabnya tersebut mengaku terharu melihat antusias masyarakat Desa Irat dalam menyambut kedatangannya bersama wakilnya beserta jajaran Pemkab Bangka Selatan.

“Sambutan masyarakat Desa Irat sangat luar biasa, saya ucapkan terima kasih untuk semuanya, namun perlu diketahui bahwa kedatangan kami bukan minta untuk dilayani oleh masyarakat, melainkan kami melayani masyarakat sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kami sebagai pelayan masyarakat, karena itu semua pelayanan pemerintahan yang berkaitan dengan masyarakat kami bawa ke Desa Irat,” kata Riza.

Dalam program ini, Riza-Debby bersama kabinetnya memberikan berbagai pelayanan pemerintahan kepada masyarakat dan termasuk bantuan sosial seperti yang telah dilaksanakan di beberapa desa lainnya.

“Kami turun ke desa tidaklah lain untuk bertemu dengan masyarakat, menyerap aspirasi masyarakat, mendengar segala keluh kesah masyarakat agar kami tahu apa yang diinginkan masyarakat di desa. Karena itu, kami harus berbaur dengan masyarakat dan hadir di tengah-tengah masyarakat,” ujar Riza dengan slogannya ‘Asak Kawa Kite Pacak’. Artinya, selagi ada kemauan dan niat untuk berusaha pasti membuahkan hasil yang terbaik.

Riza bersyukur program Aik Bakung yang diinisiasinya bersama Wakilnya Debby Vita Dewi disambut antusias oleh masyarakat di desa. Artinya, masyarakat menginginkan program pemerintah dapat menyentuh langsung ke masyarakat di tingkat desa.

“Melalui program Aik Bakung ini, kami juga memperkenalkan empat program unggulan yang diprogramkan Pemkab Bangka Selatan harus menyasar ke seluruh desa seperti pembagian bantuan bibit sawit dan pupuk, bantuan seragam dan perlengkapan alat sekolah, bantuan modal usaha dan peralatan untuk usaha kecil menengah, serta berobat gratis dengan menggunakan KTP (Kartu Tanda Penduduk),” jelasnya.

Riza menegaskan, bahwa ia bersama wakilnya dan para kabinetnya turun ke desa bukan minta untuk dilayani oleh masyarakat, melainkan melayani masyarakat dengan sepenuh hati sesuai dengan tugas utama pemerintah sebagai pelayan.

“Tujuan Aik Bakung untuk melayani masyarakat bukan minta dilayani masyarakat. Karena itu, saya bersama Bu Wabup beserta jajaran OPD turun ke desa untuk melayani masyarakat, membantu masyarakat dalam hal kepengurusan administrasi kependudukan, misalnya akta kelahiran, kartu tanda penduduk, kartu keluarga, pajak kendaraan dan lain sebagainya,” tutur Riza.

Seperti diketahui, program Aik Bakung ini salah satu bukti atas keseriusan Riza-Debby dalam membangun daerah sekaligus bukti kecintaan dan kepedulian mereka kepada masyarakatnya.

Tujuan utamanya agar pelayanan pemerintah lebih dekat lagi dengan masyarakat. Selain itu, tujuan lainnya sekaligus menyerap dan mendengar aspirasi, keluh dan kesah masyarakat.

Karenanya, melalui program Aik Bakung inilah wujud kepedulian pemerintah kepada masyarakat sehingga apa yang diutarakan masyarakat dapat segera ditindaklanjuti.

Sebelumnya program Aik Bakung telah dilaksanakan di Desa Sengir, Desa Tepus, Desa Bangka Kota, Desa Batu Betumpang, Desa Pangkalbuluh, Desa Kepoh, Desa Pasir Putih, Desa Rajik, Desa Sumber Jaya Permai, Desa Nangka, Desa Bukit Terap, Desa Serdang, Desa Jeriji, Desa Celagen, Desa Pongok, Desa Bedengung, Desa Jelutung II, Desa Payung, Desa Nyelanding dan Desa Permis.