ArtikelArtikel/OpinibabelhebatNasional/Internasional
Trending

Selamat Ulang Tahun Kawan, Selamat Hari Pers Nasional

SELAMAT ULANG TAHUN, khususnya untuk para wartawan dan wartawati di seluruh Indonesia dan juga untuk rekan-rekan sejawatku di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sekali lagi selamat ulang tahun untuk rekan-rekan sejawatku yang tergabung dalam satu perahu dan satu bendera Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Hari ini, Jumat 9 Februari 2024 seluruh wartawan dan wartawati di Indonesia termasuk keluarga besar PWI merayakan Hari Ulang Tahun ke-78. Dan di hari ini juga bertepatan dengan Hari Pers Nasional (HPN), yang setiap tahunnya selalu diperingati dan diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia. Namun untuk perayaan HPN tahun ini (2024) dipusatkan di Kota Jakarta, tepatnya di Pantai Ancol pada tanggal 17-20 Februari atau setelah hajatan pemilu.

Nah, lalu pertanyaannya mengapa perayaan HPN tidak dilaksanakan pada tanggal 9 Februari? Alasannya, mengingat bahwa bangsa dan negara Indonesia sedang fokus melaksanakan rangkaian tahapan atas hajatan pesta demokrasi yaitu Pemilu 2024, dengan agenda besarnya Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif (DPD, DPR, DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota) pada tanggal 14 Februari.

Oleh karenanya itu, agenda besar tersebut harus kita hormati dan kita hargai karena menyangkut dengan urusan kenegaraan. Mengingat kita juga merupakan bagian dari pilarnya demokrasi itu. Sekali lagi selamat ulang tahun rekan-rekan sejawatku ditengah hajatan besar pesta demokrasi sesuai dengan temanya ‘Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Merawat Keutuhan Bangsa’.

Rangkaian perayaan HPN di tingkat lokal, khususnya di Kabupaten Bangka Selatan telah dilaksanakan sedari tanggal 6 Februari oleh rekan-rekan PWI yang dikomandoi Dedy Irawan, dengan menggelar berbagai kegiatan seperti literasi jurnalistik atau pengenalan ilmu jurnalistik dasar kepada para pelajar SMK Yapentob Toboali, santunan kepada anak yatim piatu, pembagian sembako beras kepada masyarakat kurang mampu dan anjangsana ke senior wartawan (Rawizar Erer).

Selain itu, sebagai wujud rasa syukurnya, PWI Bangka Selatan juga akan menggelar yasinan dan doa bersama di markas (sekretariat) PWI, tepatnya di Ruko Aice atau belakang SMA YPK Toboali.

Lahir dan hadirnya organisasi PWI di Kabupaten Bangka Selatan, selain sebagai perahu atau wadahnya para wartawan lokal untuk belajar berorganisasi, juga sekaligus untuk memberikan kontribusi kepada daerah melalui karya-karya tulisan dalam bentuk kritikan atau sindiran yang diramu oleh rekan-rekan sejawat dalam sebuah tulisan.

Bahkan program atas keberhasilan dari program kerja yang dilaksanakan, dan akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya juga tak luput jadi bahan utama isi dari pemberitaan yang telah diramu para wartawan dalam sebuah tulisan di berbagai media cetak maupun online/siber.

Sejarah lahirnya PWI dan HPN dilansir dari laman resmi PWI dan sumber lainnya 

PWI adalah organisasi wartawan pertama di Indonesia yang lahir di Surakarta atau Solo pada tanggal 9 Februari 1946. Ketua PWI pertama adalah Mr. Sumanang Surjowinoto. Pada tanggal 9-10 Februari 1946 diadakan Kongres PWI pertama.

Dalam perkembangannya, hari lahir PWI kemudian ditetapkan pemerintah sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5 Tahun 1985 tentang Hari Pers Nasional. Keppres tersebut ditandatangani oleh Presiden Soeharto tanggal 23 Januari 1985.

Dengan lahirnya PWI, wartawan Indonesia menjadi tangguh untuk tampil sebagai ujung tombak perjuangan Indonesia dalam menentang kembalinya kolonialisme dan negara lain yang ingin meruntuhkan RI.

Organisasi PWI lahir mendahului SPS (Serikat Penerbit Suratkabar). Aspirasi perjuangan kewartawanan Indonesia yang melahirkan PWI juga yang melahirkan SPS, empat bulan kemudian yakni pada Juni 1946.

PWI menjadi wadah para wartawan untuk memperjuangkan bangsa lewat tulisan. Sejauh ini, sebagaimana para jurnalis Indonesia di masa penggalangan kesadaran bangsa, para wartawan dari generasi 1945 yang masih aktif tetap menjalankan profesinya dengan semangat mengutamakan perjuangan bangsa, kendati ada kendala menghadang kiprahnya.

Selamat ulang tahun kawan. Selamat Hari Pers Nasional.

Penulis : Tom pemilik media babelhebat.com sekaligus pengurus PWI Bangka Selatan

Tom Hebat

Berdiri Diatas Semua Golongan

Related Articles

Back to top button